Keakraban Bisnis Syariah & Bank Syariah

Oleh: Hartato Rianto

Berbicara tentang syariah, berarti kita berbicara tentang al quran dan hadits. Di dalam system syariah, semua apa yang dijalankan atau produk-produk yang da di dalam semuanya harus berandaskan al-quran dan hadits.

Hartato-RiantoBila di dunia perbankan kita mengenal system syariah yang digunakan menjadi bank syariah, maka di dunia bisnis kita mengenalnya dengan bisnis syariah yang di dalamnya juga berlandaskan al-quran dan hadits.

Antara bank syariah dan bisnis syariah, mempunyai ikatan yang dapat dikatakan dengan masih sedarah atau sekadung. Keduanya menganut system syariah dalam proses pelaksanaan.

Biasanya bank syariah memberikan pinjaman pada nasabah yang ingin membuka usahanya, di bidang bisnis syariah. Pada pihak bank juga menawarkan suatu bisnis syariah yang di dalamnya terdapat macam akad yang digunakan.

Selama dalam pendirian usaha, pihak bank akan memantau terus menerus usaha yang telah dijalankan. Bukan hanya itu saja, pihak bank juga akan memberikan pelatihan pada nasabah yang baru saja membuka usahanya.

Bank akan memberikan arahan yang akan diberikan pada setiap bulannya atau setiap tahunnya. Dengan fungsi agar nasabah dapat memahami tatacara berwirausaha yang baik, dan tidak menyalahi aturan dalam etika yang telah ditetpkan bank syariah.

Bisnis syariah merupakan bisnis yang sangat menguntungkan bagi penjalannya, karena selain dapat mencari dunia kita juga dapat menjalankan syariat islam. Di dalamnya bisnis syariah kita juga akan dibawa pada syurga Allah, bila kita menjalankannya sesuai dengan syariat islam. Bisnis syariah yang biasanya berkerjasama dengan bank syariah ini, akan membawa keuntungan yang besar. Selain kita mendapat pelatiha yang akan diadakan oleh pihak bank syariah, kita juga tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar, hanya saja kita ditantang untuk berlaku jujur dan menjalankan apa yang telah ditetapkan dalam akad.

Bank syariah dan bisnis syariah memang sangatlah erat kaitannya, selain mempunyai landasan yang sama, keduanya juga mempunyai tujuan yang sama yaitu mensejahterakan masyarakat.

Dalam bisnis syariah dan bank syarih, kita selalu dituntut untuk jujur dan selalu berbagi pada sesame lewat infak dan sodakoh. Dan keduanya pula selalu mengadalkan social yang tinggi, serta mengutamakan pada produk-produk yang halal untuk dipasarkan.

Jadi di dalam bisnis syariah yang dimodali oleh perbankann syariah sangatlah menguntungkan bagi kita. Kita mendapatkan modal, kita juga dituntun untuk menjalankan bisnis dengan baik dan benar. Selain itu kita juga dijarkan untuk meneladani sifat rasul atau tata cara rasul dalam menjalankan dagangannya. Maka dari itu, berbisnislah secara syariah, insya allah semua akan berkah dan mendapat keuntungan dunia dan akhirat.

(Penulis adalah mahasiswa UMSU Jurusan Bisnis Managemen Syariah dan mantan ketua IMM FAI 2013-2014. Sekarang menjabat sebagai kabid SPM di PC IMM Medan)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market