APINDO Ajak Pebisnis Medan Manfaatkan Jasa HKTDC

Ketua Dewan Pimpinan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Medan, Rusmin Lawin mengajak para pengusaha di Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara untuk memanfaatkan peran dan jasa Hongkong Trade Development Council (HKTDC) dalam upaya meningkatkan hubungan bisnis dengan Tiongkok.

Ajakan tersebut disampaikannya seusai meneken nota kesepahaman (MoU) dengan HKTDC di Hotel JW Marriot Medan.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua Apindo Medan Rusmin Lawin SH dengan Director Indonesia HKTDC Mr Leung Kwan Ho disaksikan Walikota Medan Drs H Dzulmi Eldin, Ketua Komisi II DPD RI Parlindungan Purba, Wakil Ketua Kadin Sumut Bidang Luar Negeri yang juga Konsul Kehormatan Polandia di Medan Jonner Napitupulu dan Ketua Asosiasi Bisnis Malaysia-Hongkong Ms Judith Yew.

Kegiatan itu dihadiri para pebisnis di antaranya Indra Wahidin, Anwar Susanto. Daniel Vianco (PT Olagafood), Tomi Wistan (DPP Realestat) dan lainnya.

Rusmin Lawin menyebutkan, HKTDC merupakan badan yang berpengalaman membantu pelaku usaha mancanegara yang ingin bermitra dan memasarkan produk di Hongkong dan Tiongkok.

Rusmin menambahkan, Hongkong setelah bergabung dengan Tiongkok menjadi pintu gerbang utama memasuki pasar Tiongkok.

Disebutkannya, kerjasama Apindo Medan dengan HKTDC juga bertujuan menggerakkan industri pariwisata di Kota Medan.

Sebab, kata Rusmin, setiap tahun Tiongkok memasok sedikitnya 100 juta wisatawan ke mancanegara dan sekitar 1% di antaranya (sekitar 1 juta) ditargetkan mengunjungi Indonesia.

“Kita harapkan sekitar 10% dari wisatawan Tiongkok yang datang ke Indonesia dapat digaet ke Sumut, maka jumlah itu akan mendongkrak jumlah wisman ke Sumut,” kata Rusmin Lawin.

Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin dan Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba senada mengapresiasi langkah Apindo Medan yang menjalin kemitraan dengan HKTDC.

Untuk menopang kerja sama yang digalang Apindo Medan dengan HKTDC, Walikota Medan meminta, anggota DPD RI asal Sumut untuk meminta Kementerian Perhubungan agar kembali membuka penerbangan Medan-Hongkong yang terhenti sejak tahun 2011.

Menurut Walikota, jalinan kemitraan yang dibangun Apindo dengan HKTDC sangat positif menopang denyut geliat ekonomi di Medan. Di antaranya, pasar di Hongkong dan Tiongkok dapat dijadikan target pasar produk UKM yang ada di Medan.

Parlindungan Purba menitipkan Apindo Medan kepada Walikota Medan. Parlindungan memuji sejumlah gagasan besar yang sudah dilontarkan Rusmin Lawin dalam upaya mempercepat pembangunan ekonomi di Kota Medan. Seperti usulan membangun Waterfront city (kota pelabuhan) di Kawasan Belawan.

Director Indonesia HKTDC, Leung Kwan Ho mengajak para pelaku usaha di Indonesia, khsususnya Medan (Sumut) untuk memanfaatkan jasa lembaganya jika ingin memasuki pasar Tiongkok.

Penandatanganan MoU tersebut dimeriahkan seminar sehari bertajuk “Hongkong: Your Turnkey Solution to China and International Market” menampilkan pembicara kunci Sales Exhibition Manager HKTDC Daniel Lam. (rel/OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market