Program CSR Asian Agri Latih Kader Posyandu Kebun

SERGAI | PT Nusa Pusaka Kencana (PT NPK), anak perusahaan Asian Agri Group bekerjasama dengan Puskesmas Tebing Syahbandar dan Puskesmas Pabatu melakukan pelatihan kader Posyandu.

Kali ini, 33 orang kader posyandu yang dilatih difokuskan yang berada di sekitar perusahaan perkebunan kepala sawit tersebut, yakni Desa Penggalian, Bahilang (Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Sergai); Kelurahan Persiakan Kelurahan Padang Merbau dan Padang Tualang (Kecamatan Padang Hulu Kodya Tebing Tinggi).

Pelatihan kader posyandu tersebut dilakukan di Balai Karyawan PT NPK, 17 September 2015, yang turut dihadiri Camat Tebing Syahbandar Dingin Saragih, Camat Padang Hulu Fadilah, Kepala Puskesmas Pabatu dr Ridwan Basyir, Perwakilan Puskesmas Tebing Syahbandar dr Listina S, Plt Kepala Desa Penggalian, Kades Bahilang, Lurah Padang Tualang, dan Lurah Persiakan.

Sementara dari perusahaan hadir Managemen Kebun Rita L Tambunan, Koordinator CSR Fajar Suryono, KTU Sukamto dan staff lainnya. Fasilitator pelatihan ini berasal dari Puskesmas Tebing Syahbandar Oktalina MS br Butar-butar SKM dan Puskesmas Pabatu Barita br Siregar.

Koordinator CSR Sumut Asian Agri, Fajar Suryono mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader posyandu dan juga mengali permasalahan yang dihadapi dalam melakukan kegiatan Posyandu.

“Pelatihan ini merupakan salah satu program CSR PT NPK – Asian Agri. Pelatihan kader posyandu kita lakukan berdasarkan usulan dari beberapa kader untuk kembali melakukan penyegaran dan pertukaran pengalaman antarposyandu, sehingga pengetahuan dan keterampilan kader posyandu meningkat. Selain itu kita juga menggali permasalahan yang dihadapi dalam melakukan kegiatan posyandu,” kata Fajar.

Tahun 2014 lalu, lanjut Fajar, PT NPK – Asian Agri juga mengadakan pengobatan umum dan sunat massal untuk masyarakat sekitar kebun. “Selain program kesehatan kita juga memiliki program CSR lain seperti perbaikan rumah ibadah, bantua pengembangan ekonomi, bantuan mobile sekolah dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sementara,Camat Tebing Syahbandar, Dingin Saragih mengucapkan terimakasih kepada PT NPK yang peduli dan mendukung program pemerintah dalam peningkatan kesehatan masyarakat.

“Terimakasih kami ucapkan kepada PT NPK yang sudah melakukan pelatihan kader posyandu, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kader posyandu mengingat peran kader dalam upaya peningkatan kesehatan keluarga, karena kesehatan dimulai dari rumah tangga, jika masyarakat sehat maka akan membantu proses pembangunan nasional,” kata Dingin Saragih Camat Tebing Syahbandar dalam kata sambutannya.

Manager PT NPK – Asian Agri Group, Rita L Tambunan mengungkapkan, perusahaan sangat mendukung kegiatan Posyandu dan sangat terbuka untuk dapat terlibat dalam program kesehatan masyarakat sekitar kebun.

“Saya sangat senang dengan hadirnya ibu – ibu kader Posyandu dari desa atau kelurahan sekitar perusahaan dengan penuh semangat, semoga kegiatan pelatihan kader posyandu akan bermanfaat dan dapat mendukung pelaksanaan posyandu diwilayahnya masing-masing. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Tebing Syahbandar, Puskesmas Pabatu, Pemerintahan Kecamatan yang mendukung kegiatan ini. Semoga kerjasama ini makin mempererat perusahaan dengan pemerintah dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Pelatihan yang berlangsung sehari diisi dengan mempraktekkan kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan posyandu, diskusi, dan tukar pengalaman antar kader. Semangat peserta dalam mengikuti pelatihan sangat terlihat dengan antusiasnya peserta dalam praktek dan berdiskusi.

Salah satu peserta dari kader posyandu Ibu Masni br Siregar mengatakan sangat senang dengan adanya pelatihan ini, kerana memberikan motivasi untuk bisa terlibat secara maksimal dalam kegiatan posyandu. Kemudian juga mengingatkan kembali pengetahuan dan wawasan kita, sehingga akan bermanfaat dalam pelaksanaan posyandu.

Di tempat yang sama, 18 September 2015, di Balai Karyawan PT NPK juga dilakukan Penyuluhan Makanan Gizi Seimbang untuk karyawan perusahaan. Penyuluhan ini bekerjasama dengan Puskesmas Tebing Syahbandar.

Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada ibu rumah tangga dalam pengaturan makanan yang bergizi, sehingga anggota keluarga sehat dan cerdas. Dari penyuluhan ini selanjutnya, perusahaan akan memfasilitasi karyawan untuk membuat kebun sayur keluarga. Kebun sayur ini nantinya menjadi sumber gizi bagi keluarga.

Manager PT NPK, Rita L Tambunan menambahkan, penyuluhan bertujuan untuk memberikan wawasan kepada ibu – ibu istri karyawan dalam memberikan dan mengatur makanan yang bergizi dan seimbang. “Dan perusahaan akan memfasilitasi untuk membuat kebun sayur keluarga, kita akan memberikan bantuan bibit sayur, pupuk organic, dan dukungan lainnya. Kita berharap karyawan bisa secara mandiri dalam penyediaan bahan baku sayur yang sehat, karena sehat itu tidak harus mahal,” tambahnya.

Sementara Oktalina MS Butar-butar SKM, perwakilian Puskesmas Tebing Syahbandar mengatakan, pengetahuan masyarakat tentang pemilihan makanan dipengaruhi oleh faktor ekonomi, sosial, budaya, kondisi kesehatan dan lain-lain.

Pendidikan gizi sangat penting dilakukan untuk kesehatan yang berkelanjutan. Gizi yang seimbang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan yang normal, kecerdasan, kesehatan dan aktivitas sehari-hari dan berbagai proses dalam tubuh lainnya. “Nah, ibu – ibu rumah tangga memiliki peran penting untuk mengatur gizi keluarga, sehingga gizi anggota keluarganya terpenuhi dan sehat,” ucapnya. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market