Betulkah iPad Tak Baik untuk Anak-anak?

SESEORANG psikolog anak terkemuka di AS bernama Dr Richard House menyebutkan bahwa penggunaan perangkat tablet seperti iPad pada anak-anak tidak baik untuk perkembangan otak mereka.

Mengutip Cult of Mac, Dr House meyakini jika memperkenalkan iPad pada anak-anak bisa diibaratkan dengan sebuah ‘penyiksaan’. Ia menjelaskan, hal tersebut mirip seperti berjudi dengan perkembangan anak-anak.

Menurutnya, gambar elektronik yang ditampilkan di layar iPad bisa membuat anak-anak tak bisa menikmati pengalaman dunia nyata secara langsung atau bahkan menanggapinya secara menyimpang.

Ia beranggapan, anak-anak sudah cukup bingung untuk berkenalan dengan dunia nyata. Apabila mereka kini dipaksa untuk berkenalan dunia virtual yang dipenuhi dengan keajaiban elektronik, maka mereka bakal kebingungan dalam menyikapi hal-hal natural yang terjadi di dunia nyata.

Dr House menekankan, otak anak-anak masih dalam tahap awal perkembangan dan hal tersebut hendaknya tidak dirusak oleh pengenalan dunia baru yang terlalu rumit. Maka dari itu, ia berpendapat bahwa memberikan iPad pada bayi atau anak-anak bisa dikategorikan sebagai penyiksaan.

Meski demikian, perlu dicatat bahwa apa yang disampaikan oleh Dr House itu masih sebatas opini. Karena dalam memaparkan pendapatnya, sang psikolog tidak menyertakan hasil riset yang lebih lengkap dan mendalam. (inl/OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market