Guru di DeliSerdang Dilatih Buat Karya Tulis Ilmiah

LEMBAGA Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah terhadap guru di Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan kompetensi guru yang diselenggarakan oleh BKD Kabupaten Deli Serdang berlangsung di Aula CadikaLubuk Pakam selama 9 hari mulai dari tanggal 8 – 16 Oktober 2015,dihadiri pemateri dosen-dosen pakar dari Unimed, antara lain Sekertaris LPM Unimed Mukti Hamjah MSi, Drs Rahmad Nauli MSi, Zulkifli Simatupang MPd, dan Alkhafi Maas Siregar MSi.

Bacaan Lainnya

Kegiatan kerjasama antara Pemerintahan Kabupaten Deliserdang dengan LPM Unimed digawangi langsung oleh dosen-dosen dari Universitas Negeri Medan yang notabene merupakan tim penilai dari karya tulis ilmiah di Kabupaten Deli Serdang.

Mukhti Hamjah didampingi Koordinator dan staf Ahli LPM Unimed, Amrizal MPd, Dedy Husrizal MSi dan Irfandi Msi mengungkapkan, ini merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan Unimed sebagai LPTK di Sumatera Utara untuk membina guru yang sangat memerlukan pembinaan dalam pengembangan karya ilmiah.

Menurutnya, Karya Tulis Ilmiah (KTI) berkaitan langsung dengan karir bagi seorang guru, sesuai dengan Permenpan nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya, maka Unimed tampil luntuk memberikan solusi dari setiap permasalahan guru tersebut. “Hal ini sesuai dengan visi misi Rektor Unimed Prof Syawal Gultom MPd menjadikan Unimed to be Solution,” kata Mukti.

Di lain pihak Kepala Bagian Pendidikan dan pelatihan BKD Deli Serdang, Zulhadi MM yang merupakan Sekrataris Panitia Diklat Penyusunan Karya Tulis Guru Pemkab Deli Serdang 2015 mengungkapkan, peserta pelatihan Diklat Penyusunan KaryaTulis Guru diambil dari seluruh sekolah yang tersebar di Kabupaten Deli Serdang dengan distribusi, 2 perwakilan sekolah setiap kecamatan, yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan pengawas.

“Jadi mereka inilah yang nantinya akan menjadi pilot project disekolahnya untuk melakukan pembinaan karya tulis ilmiah dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di sekolahnya masing-masing,” papar Zulhadi.

Pihaknya juga mengapresiasi LPM Unimed yang telah lama bekerjasama dalam hal peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Deliserdang. Tidak hanya dalam kegiatan formal dalam bentuk pelatihan akan tetapi di lapangan ternyata banyak dosen-dosen Unimed yang melakukan pembinaan langsung ke sekolah-sekolah di Kabupaten Deli Serdang, baik dalam program KaryaTulis Ilmiah, peninggkatan mutu sekolah, peningkatan mutu guru dengan metode pembelajaran dan media pembelajaran serta kegiatan-kegiatan yang lainnya.

“Kami percaya mutu pendidikan akan maju dengan menggandeng LPM Unimed sesuai dengan jargon Pemerintahan Kabupaten Deliserdang, yaitu Deli Serdang Cerdas,” imbuhnya.

Sementara, peserta pelatihan Agus Salim SPd, guru SD Negeri 107394 Hamparan Perak menuturkan, kegiatan ini sangat relevan dan membantu bagi para pendidik, yang dituntut untuk membuat karya ilmiah dan penelitian dalam bidang pengembangan pengetahuan peserta didik dalam hal penelitian Tindakan Kelas (PTK).

“Dalam beberapa hari pelatihan, kami disuguhkan dengan materi-materi yang langsung secara teknis mulai dari konsep PTK, pentingnya PTK, pembuatan judul, sampai akhir pembuatan karya tulis ilmiah,” tandasnya.

Beliau mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Deli Serdang dan LPM Unimed yang telah memberikan pengetahuannya dalam hal penelitian dan pembuatan karya tulis ilmiah yang langsung dibimbing oleh praktisi-praktisi dari Unimed.

Beliau mengharapkan, agar LPM Unimed dapat membuat forum diskusi baik secara tentatif ataupun secara Online untuk diskusi secara intens terhadap permasalahan PTK maupun karya tulis ilmiah karena pastinya banyak permasalahan yang bakal ditemukan dalam perjalanan penyusunan penelitian saat berada dilapangan.

“Harapan kami, LPM Unimed membuat forum diskusi agar dapat berkonsultasi secara langsung. Kesulitan di lapangan dapat kami diskusikan dengan cepat, sehingga mempermudah dalam hal penelitian yang kami buat,” harapnya. (rel/OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *