Aisyiyah Sumut Kembangkan Dakwah Advokasi

PIMPINAN Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara (Sumut) akan mengembangkan ‘dakwah advokasi’ guna menguatkan potensi warga masyarakat di akar rumput.

Untuk itu PW Aisyiyah Sumut mengirimkan tim untuk mengikuti pelatihan Dakwah Advokasi yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat Aisyiyah di Joqjakarta.

Empat orang yang diberangkatkan untuk mengikuti pelatihan dengan tema ‘Mendorong Perubahan dan Implementasi Kebijakan Ramah Perempuan dan Anak’, Yuniar R Yoga (PW Aisyiyah Sumut), Indarsih Darmawani (PD Aisyiyah Medan), Mahanim Nasution (Deli Serdang) dan Khairani (Asahan) Kegiatan ini diikuti 28 peserta dari PWA Jawa Timur, PWA Jawa Barat, PWA Sulawesi Selatan, PWA Kalimantan Barat dan beberapa Pimpinan Daerah Aisyiyah dari berbagai provinsi.

Ketua PPA Noordjannah Djohantini pada kegiatan pelatihan itu menegaskan bahwa dakwah harus multi aspek. Tiga visi Aisyiyah yang diputuskan pada Muktamar di Makasar lalu, adalah Islam Berkemajuan, Dakwah Pencerahan dan Mengokohkan Visi Perempuan Berkemajuan.

Kata Noordjannah, dari tiga visi itu, diharapkan dapat mengelola dakwah yang mencerahkan dengan strategi, membebaskan ummat dari tidak tau menjadi tahu, memberdayakan dari yang sudah untuk bermanfaat dan pencerahan agar yang sudah memiliki kemampuan dapat berbagi. “Inilah sesungguhnya dakwah pencerahan yang dilakukan Aisyiyah,” tegas Noordjannah.

Menyangkut dengan dakwah advokasi itu dikatakan, Aisyiyah harus memiliki kemampuan untuk mendorong pemahaman warga di akar rumput atas berbagai issu dan informasi strategis terutama dalam hal kesehatan dan reprodusksi.

Diharapkan dengan dakwah advokasi itu, Aisyiyah mampu mendorong potensi warga di akar rumput untuk mengembangkan kemampuannya menjadi lebih baik. Komunikasi melalui dakwah Aisyiyah itulah yang akan dikembangkan diberbagai daerah di tanah air.

Yuniar R Yoga tim PW Aisyiyah Sumut dan Indarsih Darmawani menegaskan, pihak akan mencoba pengembangan dakwah advokasi di Sumatera Utara dengan menjadikan Medan, Deli Serdang dan Asahan sebagai pilot proyek program.

Dikatakannya, pada Januari 2016 tim Aisyiyah Sumatera Utara akan melakukan rekrutmen kader guna mengikuti pelatihan yang sama. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market