Asian Agri Bersama Kaum Ibu Ciptakan Kebun Sayur Keluarga

KAUM ibu – ibu di sekitar perusahaan perkebunan kepala sawit milik PT Nusa Pusaka Kencana unit bisnis Asian Agri di Desa Bahilang Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai kini memiliki hobby baru.

Bercocok tanam sayuran menjadi rutinitas yang sedang digemari kaum ibu-ibu yang tak lain istri dari karyawan PT Nusa Pusaka Kencana. Kini, hasil tanaman sayurannya sudah dapat dinikmati. Panen perdana sayuran jenis bayam merah, kangkung, kacang panjang, timun, sawi manis dan jenis sayur lainnya, dilakukan bersama managemen perusahaan yang diwakili Askep Kebun Bahilang Bambang Hermanto, Koordinator CSR Asian Agri Fajar Suryono dan KTU Kebun Bahilang Sukanto.

Kegiatan bercocok tanam tersebut merupakan salah satu program CSR dari Asian Agri Group. Program ini dimulai sejak September 2015, mulanya penyuluhan makanan gizi seimbang untuk karyawan, ibu – ibu karyawan perusahaan dengan membentuk kelompok pembuat lahan untuk tanaman sayur yang kemudian dinamakan kebun sayur keluarga.

KebunSayurKeluargaProgram ini terdiri dari 9 kelompok dengan jumlah anggota sekitar 100 ibu rumah tangga. Para ibu rumah tangga memanfaatkan waktu luang di sore hari untuk membersihkan lahan, membuat bedengan, menanam sayur dan menyiramnya setiap hari. Setiap kelompok melakukan design kebun masing – masing sesuai dengan kreatifitasnya.

Hasil dari usaha kelompok ibu rumah tangga tersebut saat ini terlihat dengan tersedianya sayur segar tanpa pestisida dilahan samping rumah. Sayur – sayur tersebut dibagikan kepada anggota kelompok ataupun orang lain yang diberikan secara gratis. Rencananya sebagian akan dijual.

Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sehingga keluarga bisa mendapatkan sayur segar tanpa pestisida dan tentunya menyehatkan.

Salah satu Koordinator dari Kelompok V, Masta Hakimi mengatakan, sangat senang dengan adanya kegiatan kebun sayur keluarga, di mana setiap sore bisa kumpul dengan ibu – ibu yang ada di perumahan karyawan. Dan hasilnya saat ini sudah terlihat, mereka tidak lagi membeli sayuran ke warung.

“Awalnya kami ibu – ibu berkumpul untuk membicarakan bentuk lahan dan polanya, selanjutnya kami melakukan gotong royong untuk membersihkan lahan, membuat bedengan, menanam, dan kegiatan rutin kami setiap hari adalah menyiram dan membersihakn rumput. Dengan adanya sayur ini kami tidak perlu beli sayur kepasar, daun ubi ada, bayam merah ada, kangkung ada, dan sayur jenis lainnya. Selanjutnya dari kebun sayur ini kami akan menerapkan kesetiap rumah yang ada di pondok karyawan ini, kami akan lakukan atur waktu sehingga setiap hari tersedia sayur segar tanpa pestisida ditempat kami,” kata Masta Hakimi, di lahan kebun sayurnya.

Program Kebun Sayur Keluarga merupakan bentuk tindak lanjut dari Penyuluhan Makanan Gizi Seimbang yang dilakukan pada September 2015 oleh PT NPK – Kebun Bahilang (Asian Agri) di Desa Bahilang Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai. Hasil dari kebun sayur ini tentunya untuk memenuhi kebutuhan sayur segar rumah tangga sehari- hari.

Pimpinan Kebun Bahilang, Bambang Hermanto mendukung program Kebun Sayur Keluarga ini. “Kebun sayur ini merupakan kegiatan yang sangat baik, sehingga saya sangat senang dan akan kita dukung, supaya setiap perumahan dan memiliki lahan kosong untuk ditanami sayur. Kita bisa membuat rotasi tanam dan panen, sehingga setiap hari sayur bisa tersedia dari kebun kita. Kalau bisa sayur – sayur ini kita jual ke pasar terdekat, kita bisa lihat sendiri sayur tersebut ditanam hanya menggunakan pupuk organic dan tanpa pestisida, sehingga sehat bagi tubuh kita,” kata Bambang Hermanto ketika melakukan kunjungan ke lahan – lahan sayuran, (23/10/2015).

Program Kebun Sayur Keluarga ini merupakan program CSR dalam bidang kesehatan, program ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sayur rumah tangga secara sehat. Dan mendukung program pola hidup bersih dan sehat yang dicanangkan oleh pemerintah. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market