Citi Indonesia: Menabung lah Sejak Usia Dini

CITI Indonesia dan Bank DKI kembali mengukuhkan komitmennya dalam meningkatkan literasi keuangan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) melalui program Petualangan Agen Penny, sebuah program pendidikan keuangan interaktif yang dikemas dalam berbagai inisiatif yang menyenangkan bagi anak seperti buku komik dan pertunjukkan teater.

Citi Peka (Peduli dan Berkarya) –sebagai payung dari seluruh kegiatan kemasyarakatan Citi Indonesia, berkolaborasi dengan Bank DKI, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI), menyelenggarakan acara puncak program Agen Penny yang berlangsung di SDN Cililitan 02/04 Pagi, Jakarta Timur.

Head of Country Corporate Citi Indonesia, Elvera N Makki menyatakan, program Petualangan Agen Penny adalah inisiatif global Citi di berbagai dunia, termasuk di Indonesia, yang berfokus pada pendidikan literasi keuangan anak-anak usia dini secara konsisten dan berkesinambungan.

Di Indonesia, program ini telah memasuki tahun ke-8 dan hingga kini telah menjangkau sekitar 650 SD di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya, 2300 guru, 57.900 murid usia 10-12 tahun, 1000 orang tua murid, dan melibatkan 400 relawan karyawan Citi.

“Program inklusi keuangan ini juga sejalan dengan agenda Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang ingin mewujudkan masyarakat cerdas keuangan,” katanya.

Adapun metode pendidikan dalam program ini dikemas secara menarik dan menyenangkan sehingga berhasil membuat murid-murid lebih mudah memahami pentingnya mengelola keuangan, dimulai dari cara yang paling sederhana seperti menabung, membuat celengan unik hingga melalui komik berkarakter agen Penny (dalam mata uang Dollar Amerika Serikat, penny artinya sen) serta pertunjukan teater.

Sepanjang tahun 2015 Citi Peka melalui program Agen Penny juga telah mengadakan Pentas Literasi Keuangan di 112 SD yang berlokasi di Jakarta yang bekerjasama dengan Teater Koma. Program Agen Penny juga bekerjasama dengan Bank DKI sebagai salah satu BPD terkemuka di Indonesia dalam Kompetisi Menabung dan Kompetisi Membuat Celengan yang diadakan pertengahan tahun ini.

Zulfarshah, Corporate Secretary Bank DKI mengatakan, Bank DKI sangat mendukung program literasi edukasi keuangan yang selama ini juga menjadi concern Bank DKI melalui program-program edukasi yang telah dilakukan secara langsung maupun melalui program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti pemberian dana Kartu Jakarta Pintar (KJP).

“Program ini sejalan dengan program yang dicanangkan OJK tentang literasi keuangan yang mendukung peran perbankan untuk menjalankan program literasi keuangan tersebut,” katanya.

Bank DKI juga memberikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama yang baik dengan Citi Indonesia dan juga dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas program Saving Competition yang telah berjalan dengan baik, sehingga melalui pengetahuan dasar keuangan dan pengalaman langsung yang dirasakan anak-anak diharapkan mereka akan memiliki kesadaran tentang finansial sejak dini dan mulai dapat merancang rencana keuangan di masa depan.

Bertajuk Fun with Finance “Cerdas Finansial Sejak Dini” acara hari ini diisi dengan berbagai program menarik untuk meningkatkan kesadaran anak-anak mengenai pentingnya menabung.

Acara ini berisi kegiatan seperti talkshow, simulasi pasar dimana anak-anak dapat belajar membelanjakan uangnya secara cerdas dalam Pasar Ceria. Mereka juga diajak untuk menuliskan keinginannya dan mulai menabung demi mewujudkan keinginannya tersebut.

Dalam acara ini diumumkan juga pemenang dari kompetisi menabung yang diadakan pada 28 September – 23 Oktober tahun ini. Pada kesempatan ini Bank DKI memberikan apresiasi kepada seluruh pemenang program Saving Competition dengan memberikan tabungan Monas Bank DKI senilai @Rp 1.000.000 untuk 3 pemenang dan sumbangan partisipasi SD yang ikut serta dalam program Saving Competition senilai @Rp 4.000.000 untuk 3 Sekolah Dasar.

IMG_20151110_185121

“Pendidikan finansial di Indonesia belum menjadi bagian dari kurikulum SD, padahal pemahaman keuangan sejak dini akan sangat bermanfaat di masa depan,” ujar Gino Latief Sn – Executive Director YMMI.

“Kami sangat bangga telah menjadi mitra Citi Peka dalam melaksanakan program Agen Penny. Melalui pendekatan yang inovatif dan interaktif ini, anak-anak dapat belajar mengenai pentingnya menabung dan mengelola keuangan sejak dini melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif,” katanya.

Selama 8 tahun berjalannya program yang diselenggarakan oleh Citi Peka bersama dengan YMMI, program Petualangan Agen Penny telah menyelenggarakan lebih dari 550 penampilan teater di lebih dari 650 Sekolah Dasar.

Selama berjalannya program, lebih dari 20.000 buku komik interaktif yang berisi tentang pendidikan finansial yang mudah dicerna anak usia dini telah diterbitkan. Tak hanya itu, situs Agen Penny telah dikunjungi oleh lebih dari 300.000 pengunjung dan memiliki 5000 orang pengikut di situs jejaring sosial Facebook.

Kesuksesan dari program ini tercermin juga dari keberhasilan Citi Indonesia dalam meraih penghargaan sebagai Best Social Campaign pada program PR of the Year 2014 yang diselenggarakan Mix Magazine.

“Keberhasilan ini merupakan hasil kolaborasi dan kerjasama berbagai pihak, serta partisipasi murid, guru, dan orang tua murid. Kami berterima kasih atas kerjasama yang telah terjalin dengan sangat baik dengan berbagai mitra. Harapan kami, Program Agen Penny akan menginspirasi semakin banyak anak-anak untuk cerdas finansial sejak dini, yang akan membantu mereka untuk menjadi semakin sejahtera saat dewasa nanti,” ucap Elvera. (rel/OB2)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market