Unimed – Pertamina Kerjasama Pembangunan Kreatifitas Mahasiswa

UNIVERSITAS Negeri Medan (Unimed) melalui Fakultas Ekonomi (FE) dan PT Pertamina Area Sumatera Bagian Utara melakukan kerjasama pembangunan kreatifitas mahasiswa di Sumatera Utara.

Program yang dilaksanakan dalam bentuk Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat mahasiswa se-sumatera Utara dilaksanakan di Aula Fakultas Ekonomi Unimed yang diikuti oleh ratusan mahasiswa, diantaranya dari Kampus Unimed, USU, UMSU, UMA, POLMED, ITM, UIN Sumut dan STT Sabda dan Kampus yang lainnya.

Bacaan Lainnya

Acara pembukaan yang dilaksanakan pada (10/12/2015), dihadiri oleh Rektor Unimed yang diwakli Pembantu Rektor I Prof Dr Abdul K Hamid MPd, Jr Asst Monitoring & Evaluasi SME Silvani Maiyestuhariani, Dekan fakultas Ekonomi Unimed Prof Indra Maipita PhD, dan Ketua Panitia M Ali Fikri Hasibuan, M.Si serta para dewan Juri yang merupakan perwakilan representative dari 7 Fakultas yang ada di Universitas Negeri Medan.

Ketua Panitia mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan PT Pertamina Sumbagut dalam rangka HUT Pertamina yang 58, dengan tema utama ‘Kemandirian Energi untuk Indonesia Mendunia’.

“Dalam kegiatan ini institusi pendidikan tinggi Unimed dan Pertamina memanggil mahasiswa se sumatera utara untuk menyumbangkan gagasan tertulis dalam bentuk artikel ilmiah untuk dapat dipresentasekan sebagai solusi berbagai permasalahan yang menyangkut tentang energy,” ungkap Fikri.

Tema yang diangkat pada LKTI saat adalah mengambil sub thema tentang energi terbarukan, energi ramah lingkungan dan efisiensi energy, materi-materi inilah yang akan di perdalam oleh peserta lewat pemaparan ,tambahnya. “Peserta yang mengirimkan LKTI sebanyak 103 peserta baik perorangan dan kelompok dan dipilih sebanyak 50 orang finalis yang berhak untuk menjelaskan gagasannya di hadapan dewan juri dan dari 50 inilah akan dipilih menjadi 6 yang terbaik untuk mendapatkan hadiah utama dengan total sekitar Rp 15.500.000 serta setiap finalis akan ditanggung semua fasilitasnya selama acara,” tegas Fikri.

Manager Area SME dan SR PT Pertamina Sumbagut yang diwakili Silvani Maiyestuhariani Jr Asst Monitoring & Evaluasi SME mengungkapkan, kegiatan ini sangat relevan dengan program-program yang ada di Pertamina yaitu pada program pertamina cerdas, dimana gagasan yang dibangun oleh maha siswa mampu menjadi problem solving dari permasalahan yang ada di masyarakat dewasa ini yaitu tentang kebutuhan energi.

“Oleh karena itu kegiatan ini pertamina mensuport penuh dan memberikan perhatian khusus dengan kegiatan-kegiatan ilmiah yang bersipat memberikan pencerahan dengan gagasan yang kreatif dan inovatis demi kemajuan bangsa menuju Kemandirian Energi untuk Indonesia Mendunia,” tandas Vani.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unimed, Prof Indra Maipita yang mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pertamina yang menjadi sponsor tunggal dalam kegiatan yang memacu kreatifitas masyarakat khususnya mahasiswa.

Data menunjukan bahwa tingkat kreatifitas bangsa ini sangat rendah dibandingkn dengan bangsa-bangsa yang ada di dunia. “ Masyarakat indonesia lebih banyak mempergunakan modal fisik dan financial dalam melakukan usaha dengan mengesampingkan modal kreatifitas yang sesungguhnya lebih memiliki potensi yang cukup besar untuk menggapai keberhasilan,” ungkap Guru Besar termuda di Universitas Negeri Medan tersebut.

Oleh karena itu, kegiatan mengeksplorasi gagasan dalam bentuk LKTI ini menjadi sebuah keniscayaan bagi institusi pendidikan tinggi untuk dapat leading di dalam perkembangan ilmu pengetahuan. “Kita yakin bila ini dikembangkan akan menjadi aset terbesar yang dimiliki oleh republik ini,” tegas Asesor BAN –PT tersebut.

Rektor Unimed yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof Dr Abdul K Hamid MPd mengapresiasikan Fakultas Ekonomi yang mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam melakukan pengembangan institusi yang teraplikasi dalam bentuk kegiatan LKTI.

“Dewasa ini budaya menulis semangkin ditinggalkan oleh para pelaku intelektual yang ada di Sumatera Utara. Apalagi didukung Thypology masyarakat di Sumatera Utara lebih banyak ‘cakap-cakap’ atau ‘kombur’ dan berbicara dengan sedikit data yang telah matang dianalisa. Hal ini diperkuat dengan sedikitnya mahasiswa yang mau menuliskan gagasannya untuk dapat dijadikan solusi dan referensi bagi orang lain yang membacanya,” ungkap hamid.

Dengan kegiatan yang digagas oleh PT Pertamina Area Sumbagut dan Fakultas Ekonomi Unimed ini akan menjadikan sebuah spirit tersendiri bagi mahasiswa di Sumatera Utara untuk selalu mencari terobosan-terobosan baru dalam berbagai hal dan mengaplikasikan dalam bentuk tulisan serta tindak nyata.

“Bila ini berjalan maka akan menjadi kekuatan tersendiri bagi bangsa untuk maju dan sejajar dengan bangsa-bangsa diduni,” imbuhnya. (OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *