Mengupas Kekencangan Notebook ASUS X550ZE Bertenaga Mainstream

Catatan: Haslan Madli Tambunan

ASUS, produsen notebook ternama dan terbesar di Indonesia, terus mengembangkan inovasi. Berbagai produk berbasis Informasi Teknologi (IT) dihadirkan ASUS hanya semata untuk memenuhi kebutuhan pengguna IT di Indonesia, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan dan smartphone.

Pasar IT yang masih terbuka lebar di negara berpenduduk 250 juta lebih ini, menjadi sasaran utama bagi ASUS dalam memperluas jaringan bisnis. Kehadiran ASUS mendapat respon baik dari pengguna IT di tanah air. Hal ini dibuktikan di akhir kuartal ketiga 2015, bisnis Notebook ASUS terus menunjukkan tren pertumbuhan yang positif dan tetap menempati posisi pertama yang kuat dengan market share sebesar 34,3 persen.

Bukan hanya bisnis Notebook ASUS yang berkembang pesat, juga industri tablet yang menurut data IDC per kuartal kedua 2015, berhasil meraih posisi sebagai TOP 3 brand di Indonesia dengan tren penjualan yang terus meningkat. Selain itu, di industri smartphone, pada kuartal kedua 2015, ASUS meraih posisi sebagai TOP 2 brand di Indonesia dengan 15 persen pasar.

Ini menunjukan animo pengguna IT milik ASUS begitu besar. Salah satu pendorong bertumbuhnya pasar ASUS di tanah air, dikarenakan telah terciptanya trush (kepercayaan) dari pengguna IT yakni masyarakat yang melek dengan terknologi terupdate.

Dari hasil diskusi penulis dengan salah satu pengguna ASUS jenis Notebook, mengaku mempercayakan urusan pekerjaannya sehari-hari kepada ASUS A8 Vision AMD. Mengapa demikian? Jawabnya adalah performa produk ASUS terbilang kuat dan bertenaga.

“Selama dua tahun memakai produk Notebook ASUS, tidak memperoleh kendala. Performa dan aplikasinya cukup cepat dan berkualias. Apalagi dalam bermain game, trouble tak dikhawatirkan. Jarang terjadi masalah pada notebook ASUS ini jika tersambung dengan game online atau offline karena grafis Radeon Dual mampu mengaplikasikannya,” ujar Ardi, salah satu konsumen ASUS di Medan yang mengaku belum pernah mengklaim garansi service Notebook ASUS selama dua tahun.

Bukan hanya Notebook yang dikoleksi pria berusia 30 tahun ini, juga mempercayakan urusan komunikasi voice dan data kepada smartphone ASUS. Ia jatuh hati dengan produk smartphone ASUS Zenfone.

asus x550zeTingginya animo dan kepercayaan pengguna IT terhadap ASUS, menambah kepedean ASUS Indonesia memperlebar sayapnya di lini produk notebook. Baru-baru ini, ASUS merilis produk Notebook terbarunya berbasis AMD.
Notebook terbaru ini disebut ASUS X550ZE, menggunakan prosesor AMD berbasis Kaveri terkuat berjenis FX-7600P. Notebook bertenaga tersebut hadir dengan segmen mainstream berharga terjangkau.

Meski terjangkau, ASUS X550ZE memiliki 12 core processor (4 CPU + 8 GPU) dan memiliki fitur dual grafis. Kombinasi Dual Graphic antara APU AMD R5 M230 dan GPU berbasiskan AMD R7 M270DX membuat performa multimedia dan gaming di notebook mainstream menjadi lebih baik.

“Hadirnya seri prosesor AMD terkuat, yakni FX-7600P di lini produk ASUS X Series akan memperkaya pilihan untuk produk notebook terjangkau,” jelas Country Product Group Leader, ASUS Indonesia, Juliana Cen.

Performa ASUS X550ZE

ASUS X550ZE diperkuat prosesor quad-core AMD APU FX-7600P (Kaveri) dengan clock 2,7GHz yang bisa ditingkatkan hingga 3,6GHz saat turbo boost dalam keadaan aktif. Inilah prosesor kelas tertinggi dari jajaran AMD APU Mobile yang saat ini tersedia di Indonesia.

CPU ini sendiri juga berpasangan dengan chip dual grafis (GPU) Radeon R7 M270DX berinti 8 yang lebih kencang dibandingkan seri Radeon Mobile sebelumnya yang mampu mengimbangi performa CPU yang memukau. Ia juga punya teknologi eksklusif DirectX 12 dan Mantle Explicit Multiadapter (APU + dBGPU) untuk framerate terbaik saat bermain game.

Dengan total 12 core (4 CPU + 8 GPU) menjadikan AMD APU FX-7600P sebuah prosesor kuat yang siap untuk komputasi kompleks termasuk desain grafis dan gaming 3D. Dalam pengujian, salah satu game yang sedang hits saat ini, yakni Grand Theft Auto V, terbukti mampu dijalankan dengan lancar pada ASUS X550ZE.

Bagi ‘penggila game’ jangan khawatir menggunakan ASUS X550ZE. Saat bermain game, pilihan tombol pengaturan untuk kontrol game juga semakin kaya dengan hadirnya numeric pad pada ASUS X550ZE. Seperti diketahui, selain berguna bagi kalangan pekerja yang berhubungan dengan angka-angka, hadirnya numeric pad pada keyboard notebook juga menguntungkan para gamers.

Jika pengguna memilih untuk menjadikan ASUS X550ZE sebagai gaming machine, notebook ini menyiapkan slot memori tambahan sehingga pengguna bisa memasang RAM hingga 16GB. Dengan kapasitas RAM besar, dan hadirnya 12 computing cores dalam modus dual graphics, maka performa gaming akan menjadi optimal.

ASUS X550ZE memiliki aplikasi tambahan lain, yakni AMD Elite Software yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. Aplikasi ini mampu menjadikan notebook ini menjadi sebuah notebook terjangkau namun penuh fitur istimewa. Salah satunya adalah AMD Quick Stream Technology untuk koneksi Internet tanpa hambatan.

Notebook ini juga mendukung AMD Steady Video Technology yang mampu mengoptimalkan penggunaan aplikasi post processing video. Caranya dengan mengurangi guncangan yang terjadi saat memutar ulang video tanpa mengubah file aslinya. (***)

spek asus

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market