Pertamina HSSE Warriors

DALAM rangka memeriahkan peringatan bulan K3 yang dicanangkan oleh Kementerian Tenaga Kerja pada bulan Januari-Februari 2016, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I menyelenggarakan peringatan bulan K3 dengan tema “HSE Excellence Mendukung Kemandirian Energi Untuk Indonesia Mendunia” yang dikemas melalui kegiatan lomba ‘Pertamina HSSE Warriors’.

Melalui momen ini ditekankan kembali, penerapan aspek HSSE atau K3 harus menyentuh pada pencegahan kecelakaan. Dengan ketentuan tersebut, bukan sekadar peralatan kerja saja yang harus handal, namun kompetensi dan kepedulian pekerja harus pula ditingkatkan, termasuk dalam pemenuhan aspek keselamatan.

Perlombaan Pertamina HSSE Warriors telah mencakup hal-hal tersebut dengan menerapkan beberapa simulasi permainan, seperti monkey bars (kompetisi kekuatan fisik, konsentrasi, kepercayaan diri mencapai kesuksesan melewati hambatan), confined space rescue (kompetisi pengetahuan dan ketrampilan dalam operasi penyelamatan korban di dalam confined space dan pemberian pertolongan pertama), scaffold construction & working at height (Ketrampilan membangun rangkaian scaffold untuk mengambil bekal peralatan yang terletak di ketinggian yang akan digunakan pada kompetisi pos berikutnya), runner dice (kompetisi pengetahuan dan ketrampilan dilakukan secara acak) , fire fighting (kompetisi pengetahuan dan ketrampilan melakukan operasi pemadaman api), wall climbing‎ (kompetisi ketangkasan menggunakan peralatan pemanjatan).

Saat membuka acara Pertamina HSSE Warrior di Medan, General Manager Pertamina MOR I Romulo Hutapea ‎menyatakan, melalui kegiatan perlombaan ini, diharapkan para pekerja MOR I menjadi pekerja yang tangguh dan pantang menyerah dalam persaingan global.

“Acara seperti ini dapat meningkatkan pengetahuan, kepedulian dan keterampilan para pekerja sehingga dapat berkompetensi berstandar internasional,” ujar Romulo.

Kegiatan Pertamina HSSE Warriors tidak hanya diikuti oleh pekerja HSSE Pertamina, namun oleh seluruh lini pekerja Pertamina wilayah Sumbagut.

Hal ini dimaksudkan sebagai upaya kampanye dan penerapan budaya HSSE yang telah menjadi bagian dan tanggung jawab dari seluruh lini yang ada di Pertamina MOR I. (rel/OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market