Alfamart Alfamidi Berkontribusi Tingkatkan Mutu Pendidikan Bangsa

PT SUMBER Alfaria Trijaya Tbk (SAT) pengelola minimarket Alfamart Alfamidi membantu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia melalui Program Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik.

Program Sekolah Binaan Alfamart Alfamidi merupakan upaya untuk membantu sekolah-sekolah yang harus meningkatkan kualitasnya sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan dapat berkompetensi.

“Program yang akan diinisiasi SAT bersama dengan PSF-SDO adalah Pembinaan 3 SD yang berada wilayah Tangerang, ini merupakan pilot project dari Program Sekolah Binaan Alfamart Alfamidi. Tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dari yang kurang baik menjadi setara dengan sekolah-sekolah unggulan. Selain itu akan ada juga pelatihan untuk
peningkatan kualitas para guru di beberapa kota,” jelas Solihin, Corporate Affairs Director SAT, dalam siaran persnya yang diterima, Jumat (12/2/2015).

Pada periode 16 – 31 Juli 2014, pelanggan Alfamart telah berpartisipasi dengan mendonasikan uang kembalian atau Donasi Bebas melalui kasir di seluruh toko untuk program ini. Total donasi yang terkumpul dari seluruh Indonesia pada periode tersebut mencapai Rp 1.632.551.096 yang seluruhnya telah disalurkan melalui PSF.

Kulminasi program dilakukan di SDN 01 Cikokol, Kota Tangerang. Selain di Kota Tangerang, kulminasi program ini juga dilaksanakan di 2 daerah lainnya, yakni SDN 01 Pondok Jagung, Kota Tangerang Selatan pada tanggal 9 Februari 2016 dan SDN 02 Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang pada tanggal 10 Februari 2016.

Kulminasi program dilaksanakan melalui kegiatan diseminasi dengan tema Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Melalui Pendekatan Yang Menyenangkan dan Bermakna, yang bertujuan untuk mentransformasi paradigma guru dalam mengajar dan mengatasi tantangan-tantangan yang ada dalam proses pembelajaran serta meningkatkan keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.

Program dilaksanakan sejak bulan Desember 2014 hingga Desember 2015 ini diikuti oleh tim Manajemen Sekolah, yaitu Kepala Sekolah, para pengambil keputusan, serta penentu kebijakan sekolah dan para guru dari sekolah target, yang dapat mengimbaskan materi pelatihan kepada rekan sejawat melalui proses diseminasi.

Selama program berlangsung, para guru dan kepala sekolah peserta mendapatkan serangkaian pelatihan yang sistematis. Program pelatihan ini ditujukan untuk 25 orang guru dan anggota manajemen sebagai penerima manfaat langsung, serta 180 orang guru imbas yang ikut berpartisipasi dalam program diseminasi.

Komunitas sekolah pun mulai diajak terlibat secara aktif dalam program sekolah melalui kegiatan seminar orang tua yang dilakukan oleh guru penerima manfaat. Sebanyak 120 orangtua mendapatkan dampak positif dari program ini.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market