Jepretan Sony RX1R II Hasilkan Gambar Berkualitas Tinggi

OBROLANBISNIS.COM | Sony baru saja menghadirkan penerus RX1 dan RX1R yang digadang-gadang sebagai kamera full frame terkecil di dunia tersebut, diberi label Sony RX1R II.

Kamera ini diklaim mampu menghasilkan kualitas gambar tertinggi di antara semua kamera kompak Sony yang pernah dibuat.

Kemampuan ini didapat dengan kehadiran sensor resolusi tinggi 42.4 MP yang dikombinasikan dengan aperture yang luas, lensa fixed focal length ZEISS Sonnar T* 35mm F2, yang telah disesuaikan untuk performa yang optimal.

Kelebihan lain dari model terbaru ini terletak pada respons AF yang 30% lebih cepat jika dibandingkan dengan model terdahulu yang meraih berbagai penghargaan dan telah dilengkapi dengan Optical Variable Low Pass Filter yang bisa diatur ke dalam mode ‘off’, ‘standard’ dan ‘high’ sesuai dengan keinginan pengguna dengan low pass filter bracketing yang tersedia.

Kamera ini juga memiliki jendela bidik XGA OLED yang dapat disesuaikan, sangat berguna untuk mengambil gambar eye-level hanya dengan sedikit perubahan pada ukuran badan kamera jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Sony RX1R II terbaru menggunakan sensor Exmor R CMOS full-frame 35mm back-illuminated dengan 42.4 Megapiksel efektif yang dikombinasikan dengan mesin prosesor terkuat BIONZ X untuk menangkap gambar dengan resolusi dan sensitivitas superior (ISO 100-25600, yang dapat diperluas hingga 50 102400 dengan fitur wide dynamic range.

Memiliki struktur back-illuminated pada sensor, dengan perluasan skala sirkuit dan desain kabel tembaga memungkinkan kamera untuk memindahkan data 3.5 kali lebih cepat dibandingkan dengan RX1R generasi sebelumnya, memastikan performa berkecepatan tinggi.

Keunggulan Sony RX1R II, didukung juga dengan lensa ZEISS Sonnar T* 35mm F2 dengan aperture besar untuk memastikan semua gambar yang ditangkap oleh kamera memiliki tingkat ketajaman yang sama dari tengah hingga ke pinggir.

Lensa ini juga dilengkapi dengan cincin putaran Macro yang unik untuk mengatur fokus objek foto hingga sedekat 14cm dari depan lensa dan memiliki sembilan bilah aperture yang dapat menghasilkan gambar halus, dengan latar belakang tidak fokus atau bokeh pada rentang aperture yang paling sering digunakan.

Fitur unik lain yang dimiliki kamera ini adalah desain lensa tetap, yang memungkinkan pengaturan sensor dan lensa dalam memanfaatkan resolusi super tinggi yang dimiliki sensor secara maksimal.

Semakin dekat posisi kedua komponen tersebut dalam sebuah kamera, semakin lebar celah tempat masuknya cahaya ke lensa dan mencapai sensor, sehingga menghasilkan gambar yang kaya akan detil dan resolusi.

Selain itu, tidak seperti shutter tipe focal plane yang sering digunakan pada kamera dengan lensa yang dapat diganti, RX1R II telah menggunakan shutter tipe in-lens, memungkinkan kecepatan sinkronisasi flash secepat 1/2000 detik dan juga pengurangan dimensi kamera secara keseluruhan.

Kamera RX1R II terbaru juga menawarakan gambar 14-bit RAW tanpa kompresi untuk memaksimalkan salah satu fitur sensor kamera unggulan, wide dynamic range, dengan tetap mendukung format file yang dikompresi.

Sony RX1R II akan tersedia pada pertengahan Maret 2016 di Indonesia. meski belum dibeberkan dalam situs online BHPhotoVideo.com harganya dipatok US$2.798 atau sekitar Rp37,5 juta. (inl/OB2)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market