Realisasi Investasi PMA Singapura di Sumut Rp 12,6 Triliun Selama 2015

OBROLANBISNIS.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur, H Tengku Erry Nuradi membeberkan hasil investasi yang diperoleh negara Singapura dari Sumatera Utara (Sumut). Di tahun 2015, realisasi investasi yang dicetak Singapura sebagai Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai 1,58 milyar USD.

“Diharapkan jumlah investasi Singapura bisa semakin meningkat pada tahun 2016,” kata Erry Nuradi dalam acara Pertemuan Tahun Baru China dan Pemutaran Film “Mimpi Sejuta Dolar By Merry Riana” di Hotel Aston Medan, yang diselenggarakan Konsul Jenderal Singapura di Medan, (20/2/2016).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam Konjend Singapura Mark Low, kesematan tersebut anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba, Sekda Kota Medan Syaiful Bahri, Konsul Kehormatan Turki Rahmat Shah, Konjen China Liu Wei Guo, Konsul Malaysia Amizal Fadzli, Wakil Konsul Jenderal Amerika Serikat Tamra H Greig, Konsul Norwegia Grace Ivana Lee, Konsul Polandia Jonner Napitupulu, Konsul German Lilik Darmadi dan Konsul Belanda Ony Indra Kusuma, unsure SKPD Provsu dan warga Singapura di Sumut.

Erry memaparkan, berdasarkan data pada Badan Penanaman Modal dan Promosi Sumut, rencana investasi Singapura mencapai 2,24 milyar US$ atau Rp 28 triliun. Adapun realisasi dari rencana investasi tersebut sampai tahun 2015 berada pada urutan pertama total realisasi mencapai 1,58 milyar US$ atau berkisar Rp 12,6 triliun.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan hubungan perekonomian pada masa mendatang,” ujar Erry.

Salah satu program yang perlu dilakukan, menurut Erry, adalah pertemuan bisnis antara dua pihak, yaitu Singapura dan Sumatera Utara untuk membahas peningkatan kerjasama ekonomi. Melalui pertemuan bisnis tersebut nantinya akan dibahas berbagai kendala yang dihadapi investor dan langkah penyelesaian yang perlu diambil.

Erry mengatakan, pihaknya membuka seluasnya komunikasi bagi para investor maupun calon Singapura. “Jika mendapati kendala, silahkan sampaikan kepada Konjen Singapura, dan kemudian Konjen bisa sampaikan kepada kami,” ujar Erry yang didampingi Kepala Bada Penanaman Modal dan Promosi Sumut Purnama Dewi.

Erry Nuradi atasnama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyampaikan selamat tahun baru Cina 2567 sekaligus menandakan masuknya musim semi. “Mudah mudahan dalam tahun kera api ini kita semua bisa mendapatkan semangat tinggi dan rezeki yang melimpah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu dilaksanakan Pemutaran film Mimpi Sejuta Dollar, yang berdasarkan kisah nyata pemuda asal Indonesia Merry Riyana yang menimba ilmu di Singapura.

“Film ini patut ditonton, khususnya bagi generasi muda Indonesia. Film dari kisah nyata ini membuktikan bahwa kalau ingin sukses, harus kerja keras,” kata Erry.

Konsul Jenderal Singapura di Medan, Mark Low mengatakan tahun 2016 akan menjadi tahun yang sibuk mengingat Indonesia dan Singapura akan merayakan 50 tahun hubungan diplomatik.

Mark Low juga mengungkapkan harapan yang sama, yaitu hubungan yang lebih erat antara Singapura dan Indonesia khususnya Sumut. “Kita akan terus mengupayakan peningkatan hubungan yang lebih erat dan berkualitas dalam era komunitas ekonomi Asean,” ujarnya. (OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *