Laporan IMF: Ekonomi Dunia bisa Tergelincir

OBROLANBISNIS.COM – Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan akan terjadi guncangan ekonomi dunia dari pelambatan Tiongkok dan kejatuhan harga-harga komoditas.

IMF mengatakan, isu geopolitik seperti krisis pengungsi Suriah dan meningkatnya infeksi di Amerika Latin dari virus Zika menimbulkan ancaman ekonomi.

Dalam laporan tentang tantangan ekonomi menjelang pertemuan para kepala keuangan negara-negara kuat Kelompok 20 atau G20 di Shanghai, pemberi pinjaman krisis global itu mengatakan, pertumbuhan dunia telah melambat dan bisa tergelincir oleh gejolak pasar, kejatuhan harga minyak dan konflik geopolitik.

“Pemulihan global telah melemah di tengah meningkatnya keuangan turbulensi dan penurunan harga-harga aset,” tegas IMF.

“Respon kebijakan yang kuat, baik di tingkat nasional maupun multilateral, diperlukan untuk mengatasi risiko-risiko dan mendorong perekonomian global ke jalur yang lebih sejahtera,” jelas IMF.

Laporan itu, yang akan disampaikan pada pada pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral ekonomi-ekonomi terkemuka G20 di Shanghai pada Jumat dan Sabtu, mengatakan Dana mengharapkan menurunkan proyeksinya untuk pertumbuhan dunia 2016, hampir enam minggu setelah membuat estimasi terbarunya 3,4 persen.

“Kegiatan global telah melambat secara tak terduga pada akhir 2015, dan telah melemah pada awal 2016 di tengah penurunan harga-harga aset,” kata laporan itu. (inl/OB2)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market