Selain Eucalytus | TobaPulp Juga Kembangkan 5 Bibit Pohon Ini

OBROLANBISNIS.COM – Selain melakukan pembibitan eucalyptus sebagai bahan baku untuk pembuatan bubur kertas, PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TobaPulp) juga melakukan sejumlah pembibitan pohon unggulan, yakni haminjon (kemenyan), andaliman, jeruk nipis, cemara gunung dan sirsak.

“Pembibitan tersebut tidak dibuat komersil oleh perusahaan, melainkan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan,” kata Manager Social Capital TobaPulp, Tagor Manik didampingi Humas Dedy Armaya dan Juliandri Hutabarat di lokasi Nursery TPL Desa Sosor Ladang Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), saat berdialog kepada media dalam kunjungan ke lokasi operasional TobaPulp, (25/2/2016).

Menurut Tagor, TobaPulp saat ini melakukan pembibitan haminjon sebanyak 3.000 bibit per bulan yang diharapkan dapat ditingkatkan lagi hingga menjadi 5.000 bibit per bulan.

Bukan hanya haminjon (kemenyan), perusahaan terbuka milik PMA (Penanaman Modal Asing), juga mengembangkan beragam bibit pohon.

Diantaranya, bibit cemara gunung, andaliman, sirsak dan jeruk nipis. “Selain eucalyptus, juga mengembangkan pembibitan 5 pohon unggulan yang tumbuh di daerah kawasan Danau Toba ini,” ungkapnya.

Selanjutnya bibit yang berkembang di Nursery TobaPulp, akan didistribusikan kepada masyarakat.

“Pembibitan ini bukan untuk tujuan komersil. Pembibitan dilakukan karena TobaPulp ingin mengembangkan bibit-bibit tersebut melalui teknologi,” ucapnya. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market