ASUS ZenFone 2 Laser ZE500KL Serba Bisa dalam Jaringan 4G LTE

OBROLANBISNIS.COM – Kehadiran jaringan internet cepat sangat berpengaruh bagi perkembangan industri dan bisnis di Indonesia. Kemunculan 4G LTE sejak diresmikan secara komersial oleh sejumlah operator seluler di Indonesia akan membawa angin segar bagi ekosistem perekonomian menjadi lebih baik.

Salah satu industri yang akan paling terdampak dengan perubahan ini sangat dirasakan produsen perangkat seluler, seperti smartphone dan tablet. Diprediksi penggemar smartphone dan tablet terupdate akan semakin gemar berkutat di dalam jaringan LTE tersebut untuk mengakses berbagai aplikasi dan konten.

Menurut sejumlah pengamat, akan ada beberapa aplikasi favorit yang akan menjadi primadona pada jaringan LTE, yakni aplikasi video dan game. Untuk terhubung dibutuhkan device yang juga telah difasilitasi teknologi radio frekuensi 4G LTE.

Berdasarkan roadmap tersebut, akhirnya banyak vendor yang mulai membenamkan teknologi 4G di dalam perangkat buatan. Kini, persaingan smartphone berbasis 4G sudah mulai terasa di tanah air.

Tak ingin tertinggal momentum dan peluang tersebut, ASUS, produsen peralatan digital terkemuka asal Taiwan, mulai gencar memasarkan produk perangkat selulernya yang di-built dengan teknologi 4G.

Untuk pertama kali, ASUS menelurkan perangkat 4G LTE melalui seri ZenFone 2, yang kemudian diestafetkan kepada generasi selanjutnya yakni ZenFone 2 Laser (ZE500KL).

ASUS ZenFone 2 ZE500KL dilengkapi dengan teknologi jaringan 4G yang cukup kencang. Perangkat tersebut menggunakan teknologi LTE bertipe cat 4 (LTE cat 4) yang secara teori mampu menghantarkan kecepatan upload 50Mbps dan download 150Mbps per detik.

Seperti diketahui, seluruh operator di Indonesia telah memastikan jaringan 4G LTE-nya berjalan pada transmisi frekuensi 1800Mhz yang sudah didukung penuh oleh device ini. Itu artinya Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL dapat menggunakan jaringan tersebut untuk mengakses internet berkecepatan tinggi.

Sementara pada jaringan 3G WCDMA, smartphone menggunakan gelombang frekuensi 850MHz (5), 900 MHz (8), 1900 MHz (2), 2100 MHz (1). Frekuensi jaringan 3G itu secara teori mampu membawa kecepatan upload mengunakan teknologi HSPA+ hingga 42 Mbps. ZenFone 2 Laser ZE500KL juga dilengkapi dengan dual SIM Card yang keduanya mampu mengakses jaringan 4G LTE.

Keunggulan lain yang dimiliki ASUS ZenFone 2 Laser ZE500KL berada dari sisi kapasitas memori internal. Kapasitas penyimpanan untuk konten aplikasi, file multimedia, foto dan lainnya sebesar 16GB, serta masih dapat diekspansi dengan ketersediaan slot memori (microSD) hingga 128GB.

Pengguna smartphone ini akan mendapatkan ekstra penyimpanan berbasis cloud hingga 5 GB menggunakan ASUS WebStorage. Rasa-rasanya dengan dukungan seperti itu, tentu pengguna akan semakin terbantu untuk menyimpan berbagai file yang dimiliki.

Biasa file yang banyak tersave di smartphone adalah foto. Dari sisi kualitas foto yang terjepret ASUS ZenFone 2 Laser ZE500KL terbilang sangat bagus.

Hal itu didukung dengan kamera 13 MP yang tertanam di bagian belakang ZenFone 2 Laser ZE500KL. Sekarang handpone cerdas itu memiliki kamera 13MP berteknologi Pixel Master dengan kemampuan menangkap fokus sangat cepat yakni 0,03 detik.

Kemampuan itu dimungkinkan sebab perangkat ini memiliki laser auto fokus yang ditempatkan persis disamping perangkat. Laser tersebut akan menyala (berkedip-kedip) ketika mengambil gambar dari dekat maupun jauh, dengan memfungsikan mode auto fokus.

Lensa pada ZenFone 2 Laser ZE500KL mempunyai nilai aperture hingga f/2.0. Dengan bukaan lensa seperti itu, lensa pada ZenFone 2 Laser mampu menangkap gambar dengan lebih banyak cahaya untuk menghasilkan foto yang lebih maksimal meski dalam keadaan minim cahaya.

Teknologi PixelMaster akan menghasilkan gambar terbaik, citra yang detil, warna lebih alami dan tangkapan cahaya yang lebih peka meski dalam suasana gelap/remang.

Sistem PixelMaster juga menggabungkan 4 pixel yang didapat dari sensor menjadi 1 pixel dengan kualitas tinggi dimana hasil pencahayaannya akan 4x lipat lebih terang dan kontras warna meningkat 4x lipat.

Ketike mengambil foto pun, lag yang dihasilkan terbilang minim bahkan hampir tidak ada (zero shutter lag). Sehingga Anda mudah mengabadikan momen penting dengan fokus yang tetap bagus. Kamera belakangnya pun dilengkapi dengan 5 lapis lensa Largan.

Selain itu, Blue Glass Filter yang dibenamkan smartphone ini menciptakan hasil warna dari Pixel Master kamera menghasilkan akurasi warna yang nyata. Blue Glass disini berguna untuk mereduksi lebih dari 90% cahaya infra merah, mencegah red-eye, memperkuat pencahayaan, dan juga meminimalkan blur saat mengambil gambar.

Sementara kamera depan, ASUS ZenFone 2 Laser beresolusi maksimal 5 megapiksel, yang telah dilengkapi 10 mode pemotretan, yaitu Beautification, Selfie Panorama, Auto, Night, HDR, Effect, Low Light, GIF Animation, Slow Motion, dan Time Lapse. Smartphone dari ASUS ini juga menyediakan pengaturan perubahan white balance, ISO, timer, nilai eksposur, deteksi wajah dan banyak lagi.

asuslaser-800x597

Dari sisi performa dan kecepatan, Zenfone 2 Laser ZE500KL mengandalkan prosesor Snapdragon 410 (seri MSM 8916) dari Qualcomm yang merupakan SoC 4-inti (quad-core) yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR3 2GB. Chip ini didesain khusus untuk menunjang aktivitas mobile mulai dari komunikasi, tugas multitasking, hingga pengolahan video HD dengan baik namun tetap menjaga efisiensi daya.

Adapun Snapdragon 410 merupakan SoC 64-bit dengan arsitektur ARM Cortex-A53 yang merupakan pengembangan dari Cortex-A7. Arsitektur ini memiliki kemampuan lebih baik dari segi kinerja dibandingkan model sebelumnya namun juga tetap menjaga konsumsi daya agar tak memboroskan baterai.

Untuk mengetahui kemampuan handset dengan SoC Snapdragon 410 ini, ASUS telah melakukan beragam ujicoba dengan beberapa aplikasi benchmark termasuk perbandingannya dengan produk yang mengguankan spesifikasi serupa. Hasilnya, ASUS Zenfone 2 Laser lebih unggul.

Melirik tampilan ZenFone 2 Laser terbilang oke. Dengan menggunakan ergonomic Arc Design, sisi belakangnya dibuat melengkung agar sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Meski mirip dengan versi Zenfone 2, namun versi Laser terbilang lebih tipis dengan ketebalan hanya 1,05cm di bagian tengah dan hanya 0,35cm di sisi-sisinya sehingga terasa lebih nyaman digenggam.

Untuk smartphone model Laser ini, ASUS memilih rentang layar 5 inci yang bisa dibilang sebagai bentang layar paling nyaman untuk kebanyakan orang.

Meski keseluruhan bodi tampak lebih mungil dengan panjang 143,7mm dan lebar 71,5mm, handset ini tetap mampu tampil sebagai smartphone 5 inci berkat tepian layar (bezel) yang dipersempit sehingga rasio layar terhadap bodinya mencapai 70%. Cakupan yang lebih besar dibandingkan rata-rata produk sekelas.

Menariknya lagi, Zenfone 2 Laser sangat mudah dikoneksi dengan perangkat lain, seperti PC desktop, laptop dan smartphone. Fitur ini mencakup Remote Link, PC Link, Share Link dan Party Link.

Remote Link dikhususkan untuk mengakses PC desktop maupun laptop dari smartphone Asus yang menggunakan ZenUI. ZenUI akan memberikan kemudahan bagi penggunanya, seperti halnya Social Hotspot dan Open Drawer App.

Social Hotspot membolehkan penggunanya untuk mengundang device lain yang sedang berada di sekitarmu untuk berbincang, sedangkan Open Drawer App berisikan sejumlah aplikasi ringkas yang antara lain bisa digunakan untuk menggambar dan memeriksa lokasimu.

Selain itu Remote Link, yang bisa mengontrol Power Point dalam melakukan presentasi, mengontrol multimedia yang sedang diputar, dan mendapatkan akses ke aplikasi lain. Kebalikan dari Remote Link, PC Link bertujuan untuk memudahkan Anda mengontrol Zenfone melalui PC.

Layar yang lebih besar dan dukungan keyboard yang sebenarnya sering kali memudahkan suatu kegiatan. Anda pun bisa menampilkan film dari smartphone di layar PC untuk ditonton ramai-ramai.

Sementara Share Link dan Party Link, keduanya dirancang ASUS untuk berbagi dengan perangkat mobile lain yang mendukung tanpa menggunakan koneksi internet. Bila Share Link lebih pada mentransfer file, termasuk yang berukuran besar, ke sebuah perangkat mobile lain, maka Party Link lebih ke berbagi foto, misalnya potret yang baru saja diambil, dengan Zenfone lain yang berdekatan via koneksi WiFi.

Dari sisi daya tahan, Zenfone 2 Laser mengusung baterai Lithium-polymer 2400mAh yang sesuai dengan kapasitas handset layar 5 inci. Mungkin kapasitas baterai ini tidak cukup besar untuk konfigurasi dua kartu SIM, apalagi jika data di keduanya aktif.

ASUS merekomendasikan Zenfone 2 Laser bagi pengguna smartphone yang mendambakan perangkat Android serba bisa dengan kemampuan kamera luar biasa.

Berbagai kelebihan mulai dari desain, antarmuka, navigasi, kinerja dan terutama kelebihan sisi fotografi, membuat handset ini pantas dipertimbangkan. Harga yang masuk akal pun membuat handset ini sangat menarik untuk dimiliki. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market