Bukti Dukungan Pelestarian Danau Toba

TobaPulp Bersama Masyarakat Kampung Pangaribuan Tanam 10.000 Bibit Pohon

OBROLANBISNIS.COM – PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TobaPulp) membuktikan dukungannya dalam pengembangan dan pelestarian kawasan Danau Toba di bumi Tapanuli sesuai dengan program pemerintahan Presiden Jokowi yang ingin menjadikan Danau Toba menjadi Asia of Manaco.

Usai kepulangan Presiden Jokowi dari kunjungan ke kawasan Danau Toba pada 1 Maret 2016, TobaPulp langsung bergerak bersama pemerintah daerah dan masyarakat untuk melakukan penanaman pohon. Sekitar 10.000 bibit pohon dari berbagai jenis digulirkan TobaPulp untuk ditanami di seputaran Danau Toba.

Program penghijauan kawasan Danau Toba mengambil tempat Kampung Pangaribuan yang terletak di Desa Sitoluama Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumut, Jumat (4/3/2016), disaksikan langsung perwakilan Camat Laguboti, Bangun Sihite (Kasi Pemerintahan), Kepala Desa Sitoluama Mompo Tua Pangaribuan, Manager Plantation TobaPulp Habinsaran Linggom Donggoran, Askep Social Capital TobaPulp Habinsaran Santer Siahaan, Humas Juliandri Hutabarat dan Dedy Armaya serta tokoh masyarakat dan pemuda.

Puluhan masyarakat sangat antusias mengikuti penanaman bibit pohon berbagai berjenis, yakni eucalyptus sebanyak 8.250 batang, durian 300 batang, pete 300 batang, Mangga 300 batang, Ingul 300 batang dan Bangot 50 batang. Sebelumnya, masyarakat Sitoluama diberikan sosialisasi dan edukasi dalam rangka pelestarian lingkungan kawasan Danau Toba.

tanam eucalyptus-800x600Menurut Kasi Pemerintahan Kecamatan Laguboti, Bangun Sihite, program pelestarian kawasan Danau Toba yang digagas TobaPulp sangat menyentuh masyarakat. “Program ini sangat direspon masyarakat Sitoluama. Kehadiran TobaPulp sangat dirasakan masyarakat serta mendukung program Presiden Jokowi dalam mengembangkan destinasi wisata Danau Toba,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, masyarakat melalui pemerintah desa berharap kepada TobaPulp dibangunnya taman PAUD bagi anak-anak masyarakat Sitoluama. “Pengajuan tersebut mendapat respon dari TobaPulp yang diharapkan dapat terealisasikan,” ujarnya.

Kepala Desa Sitoluama, Mompo Tua Pangaribuan mengapresiasikan kepedulian TobaPulp dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan khususnya di kawasan Danau Toba. “Masyarakat Sitoluama sangat beruntung bisa merasakan hasil keuntungan dari TobaPulp,” ucapnya.

Kades berpesan program penanaman ini berlanjut. Artinya, tidak hanya sebatas menanam tapi ada juga tindaklanjut perawatan bibit pohon yang telah ditanam saat ini, agar dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan.

Tua mengakui, tak banyak perusahaan yang perduli dalam pelestarian dan penghijauan kembali kawasan Danau Toba. TobaPulp membuktikan bahwa sebagai perusahaan di tanah Batak yang komitmen mendukung program pemerintah dalam hal pelestarian dan pengembangan kawasan Danau Toba.

Menurut Humas TobaPulp Sektor Parmaksian, Juliandri Hutabarat kepada awak media, Desa Sitoluama Kecamatan Laguboti tidak termasuk kawasan konsesi TobaPulp.

Namun demikian, bukan berarti TobaPulp tidak perduli dengan ‘tetangga’ yang berdekatan dengan operasional perusahaan. “Kita sangat terbuka dan bekerjasama dengan masyarakat dalam hal pelestarian lingkungan,” ucapnya.(OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market