Telkomsel Operator Telekomunikasi Pertama Implementasikan Tracker GPS Motor

OBROLANBISNIS.COM – Dalam perjalanannya bertransformasi menjadi perusahaan digital yang secara konsisten mengembangkan ekosistem DNA (Device, Application, dan Network), Telkomsel meluncurkan layanan M2M (machine to machine) terbaru berupa aplikasi otomotif bernama T-Bike yang mampu memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor dari ponsel cerdas.

Peluncuran motor tracker pertama oleh operator telekomunikasi di Indonesia ini dilakukan di Empirica, SCBD, 3 Maret 2016.

Vice President M2M Business Telkomsel, Jaka Susanta mengatakan, sepeda motor telah menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat Indonesia, sehingga untuk melengkapi kenyamanan masyarakat dalam menggunakannya, Telkomsel menawarkan inovasi teknologi T-Bike yang hadir sebagai solusi digital terbaik untuk berkendara sepeda motor.

T-Bike memiliki dua keunggulan utama, yakni fitur yang lengkap dan cara pemasangan yang mudah dan cepat. Hal ini mendapat pengakuan dari tiga lembaga kredibel yaitu Museum Rekor Indonesia (MURI), Motor Plus dan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot).

MURI mencatat Telkomsel sebagai operator telekomunikasi pertama yang mengimplementasikan tracker GPS pada sepeda motor (First).

Sedangkan, Motor Plus mencatat T-Bike sebagai aplikasi motor tracker terbaik di Indonesia (Finest), dan Forwot memberikan piagam untuk rekor instalasi tercepat di Indonesia berkat sistem plug-in device yang hanya memakan waktu kurang dari 10 menit (Fastest).

Jaka kemudian menyoroti T-Bike sebagai sebuah bentuk aplikasi internet of things (IoT) yang hadir sebagai bentuk dukungan Telkomsel dalam penerapan Smart City di Indonesia, dimana penyelenggaraan Smart City dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam segala aspek, termasuk transportasi, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kotanya.

Sebagai moda transportasi dengan pengguna paling banyak di Indonesia, sepeda motor menghadapi berbagai masalah seperti perilaku pengendara yang tidak tertib, rawan pencurian dan kecelakaan.

Melihat kenyataan ini, Telkomsel mengembangkan T-Bike sebagai asisten pengendara cerdas dengan fitur lengkap seperti memonitor dan memandu lokasi, kecepatan dan area berkendara sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market