Pusat Instruksikan Percepatan Pengembangan Danau Toba

OBROLANBISNIS.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menghadiri rapar koordinasi dengan sejumlah kementerian terkait membahas langkah strategis percepatan pengembangan kawasan wisata Danau Toba sebagai Monaco of Asia.

Hadir dalam rakor tersebut Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Gedung BPPT Jakarta, (10/3/2016).

Bacaan Lainnya

Dalam Rakor tersebut, pemerintah pusat menelurkan 9 langkah strategis dalam mendorong percepatan pengembangan Danau Toba yakni mempercepat pengembangan akses udara dengan memperpanjang landasan pacu dan layanan Bandar Udara Sibisa di Kecamatan Ajibata, Toba Samosir (Tobasa).

Kemudian pembangunan sarana pendukung penginapan (tourist resort) di kawasan Danau Toba, pembangunan jalan tol dari Bandara Kualanamu International Airport (KNIA) menuju Parapat, pengerukan dan pendalaman danau di kawasan Tano Ponggol, pembersihan kawasan Danau Toba, penyediaan wilayah Toba seluas 500 ha untuk eco-tourism, pembuatan Peraturan Presiden (Perpres) Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba. Langkah strategis kesembilan adalah dengan menggencarkan promosi lengkap dengan sejarah terbentuknya Danau Toba.

Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menegaskan, keputusan tersebut diambil usai rapat koordinasi dengan melibatkan Kemenko Maritim dan Sumber Daya, Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kemenpan RB, Setneg, Kemenkeu, Kemendagri, Kemen PUPR, Kementerian KLH dan Pemerintah Daerah dari 7 wilayah yang terdampak pengembangan Danau Toba di Ruang Rapat Kemenko Maritm dan Sumber Daya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *