Mau Tau Keunggulan Bibit Sawit Topaz Produksi Asian Agri, Yuk Simak Informasinya!

Bacaan Lainnya



Bibit unggul Topaz merupakan produksi dari OPRS (Oil Palm Research Station) milik dari PT Tunggal Yunus Estate yang merupakan salah satu unit bisnis dari Asian Agri Group yang berlokasi di Desa Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Varietas unggul kelapa sawit D x P Topaz juga sudah memperoleh izin pelepasan varietas sesuai Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 57, 58, 59 dan 60/KPTS/SR.120/I/2004 masing-masing tertanggal 16 Januari 2004.

Adapun produksi benih Topaz pada 2015 adalah 11 juta kecambah dan ditargetkan untuk tahun 2016 bisa mencapai 15 juta kecambah. Kecambah tersebut selain digunakan untuk kebutuhan internal perusahaan juga untuk memenuhi kebutuhan bibit eksternal, seperti kelompok tani, petani kecil dan juga perusahaan perkebunan lainnya.

Saat dikonfirmasi media, Jumat (18/3/2016), Humas Asian Agri, Lidya Veronica Ginting mengatakan, keikutsertaaan Asian Agri dalam Pameran Pembangunan tersebut salah satu upaya agar masyarakat dapat meningkatkan produksi kebun sawitnya, serta membuka dan mempermudah akses petani sawit khususnya petani sawit di Kabupaten Madina untuk mendapatkan sawit unggul yang berkwalitas.

bibit topaz-800x593“Ini merupakan momentum penting untuk intensifikasi kebun rakyat yang akan memasuki masa replanting. Periode replanting merupakan suatu kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk menggantikan tanaman yang produktivitasnya rendah dengan benih baru yang memiliki potensi produktivitas yang tinggi. Harapan kami, melalui pameran tersebut membuka dan mempermudah akses bagi petani sawit di Madina ini untuk dapat memperoleh bibit sawit unggul yang asli,” ujarnya.

Asian Agri sendiri adalah salah satu perusahaan perkebunan sawit ternama yang mengelola 160.000 Ha kebun sawit, dimana 60.000 dari lahan yang dikelolanya merupakan lahan milik petani dengan pola kerjasama kemitraan KKPA/Plasma.

Sukses bermitra dengan masyarakat selama 25-28 tahun, saat ini sebagian besar areal kebun petani plasma/KKPA tersebut akan memasuki masa peremajaan / replanting. Asian Agri akan terus melakukan berbagai inovasi untuk dapat memaksimalkan produksi kebun petani binaannya.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan momentum replanting untuk menggunakan bibit unggul kelapa sawit Topaz.

Saat ini, kebun-kebun inti Asian Agri juga sudah menggunakan bibit unggul Topaz dan hasilnya sangat memuaskan. (rel/OB1)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar