Pertamina Bina Pengerajin Batik Batak Khas Sumut

OBROLANBISNIS.COM – Sebagai perusahaan energi, PT Pertamina (Persero) terus memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar melalui kegiatan CSR dan Small Medium Enterprise & Partnership Program (CSR & SMEPP) atau yang lebih dikenal dengan nama Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Untuk wilayah Sumatera Bagian Utara, hingga tahun 2016 telah membina lebih dari 10 ribu mitra binaan, diantaranya sebanyak 7 ribu mitra binaan di Sumatera Utara (Sumut). Sepanjang tahun 2013 hingga 2015, Pertamina telah menyalurkan sebesar Rp 42,6 miliar untuk program CSR dan SMEPP di Sumatera Bagian Utara.

Sedangkan, untuk Sumatera Utara sendiri sebesar Rp 15,2 miliar. Sejumlah pameran rutin diikutkan Pertamina kepada para mitra diantaranya Inacraft di Jakarta, Adiwastra Nusantara di Jakarta, Agrobisnis di Jakarta, Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Pekan Inovasi Sumatera Utara dan lainnya.

Beragam unit usaha yang telah dibantu Pertamina, antara lain pengembangan Batik Medan yang dikelola oleh Nurcahaya sejak menjadi mitra binaan Pertamina. Usaha yang dirintis oleh Nurcahaya ini dimulai dari ketertarikannya melestarikan budaya lokal yaitu Batik.

Pertamina sebagai perusahaan milik bangsa pun tertarik untuk membantu Nurcahaya melestarikan budaya tersebut dan menjadi mitra binaan sejak tahun 2014.

Pjs Area Manager CSR & SMEPP Pertamina Sumbagut mengatakan bahwa Pertamina melalui program CSR & SMEPP senantiasa mencari dan memberdayakan para pengusaha kecil dan menengah agar dapat melestarikan budaya lokal maupun membantu mereka dalam pengembangan usahanya.

“Program CSR & SMEPP Pertamina menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional kami. Program tersebut disalurkan melalui berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Toyip. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market