OJK Regional 5 Sumatera Bentuk APEX BPR/S

OBROLANBISNIS.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera Bagian Utara melaunching Apex BPR/S wilayah Sumatera Utara. Bank umum yang menjadi Apex BPR/S tersebut adalah salah satu bank yang berkantor pusat di Sumatera Utara, yaitu Bank Sumut.

Acara launching yang diselenggarakan di Parapat tersebut dihadiri oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Pengawasan Bank Nelson Tampubolon, Kepala OJK Regional 5 Sumatera Ahmad Soekro Tratmono, Direksi Bank Sumut, Direksi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan BPR Syariah (BPRS), Pengurus Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) dan Asosiasi Perbankan Syariah Indonesia (Asbisindo) Medan serta 105 peserta lainnya yang terdiri dari para Pemegang Saham dan Komisaris BPR/S di Sumatera Utara.

Acara launching Apex BPR/S yang diselenggarakan bersamaan dengan acara evaluasi kinerja BPR/S Sumatera Utara tersebut diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Sumut dengan DPD Perbarindo Sumatera Utara disaksikan oleh pengurus Asbisindo dan OJK.

Selanjutnya, untuk mempercepat pelaksanaan Apex Bank maka dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Bank Sumut dengan BPR/S anggota Apex.

Kepala OJK Regional 5 Sumatera Ahmad Soekro Tratmono mengatakan, program Apex BPR/S ini bertujuan sebagai realisasi sinergi dan amanah program transformasi Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang telah diluncurkan tahun lalu, menjadikan BPD sebagai pembina dan pengarah bagi penguatan technical assistance operational BPR/S yang lebih baik, membantu BPR/S menemukan solusi atas permasalahan maturity dan liquidity mismatch yang berpotensi timbulnya risiko likuiditas bagi BPR/S.

Hal senada disampaikan oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Pengawasan Bank Nelson Tampubolon. Ia mengatakan, pembentukan Apex BPR/S bukan hal baru dalam perkembangan BPR di tanah air.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market