Perwakilan Kementerian ESDM Puji Efesiensi Energi TobaPulp

OBROLANBISNIS.COM – Kementerian ESDM bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan kunjungan satu hari ke industri pulp milik PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TobaPulp) yang beroperasi di Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba Samosir, Sumut, 12 Mei 2016, berkaitan dengan capacity building efisiensi investasi pembiayaan energi bagi lembaga jasa keuangan atau perbankan.

Dalam kunjungan itu, Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) diwakili Tianni Lisdawati Sihotang ST MT bersama wakil-wakil perusahaan keuangan, meliputi PT Nikko Securities, Bank Mestika, Bank Sumut, Bank Maspion, Bank Ekonomi, Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Dalam kunjungannya, Tianni mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melihat dari dekat efisiensi energi yang dilakukan TobaPulp dalam operasional perusahaannya.

Kunjungan diawali peninjauan ke pusat pembibitan (nursery) yang menghasilkan 2,1 juta bibit klon ekaliptus (eucalyptus sp) per bulan. Di lokasi ini rombongan berkesempatan melihat langsung proses pembibitan ramah lingkungan yang ditangani wanita-wanita terampil lokal menggunakan sistem daur-ulang.

Di lokasi ini juga dibibitkan haminjon (kemenyan) yang kemudian ditanam bersama-sama dengan masyarakat sekitar kawasan hutan sebagai tanaman kehidupan untuk kepentingan petani.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market