Perwakilan Kementerian ESDM Puji Efesiensi Energi TobaPulp

Denny Herwaman, Manager Risiko Kredit Bank Sumut, memberikan apresiasi terhadap program daur-ulang dengan mengatakan, ini sangat bagus, karena selain melajukan efesiensi, tube atau tiup (tempat pembiakan bibit pengganti polybag) tidak merusak lingkungan karena tidak menjadi sampah serta dapat digunakan kembali hingga berkali-kali.

Bacaan Lainnya

Rombongan yang diterima Direktur TobaPulp, Juanda Panjaitan bersama para Manager Senior Tagor Manik, Sri Nurhayati Pasaribu dan Jekson Sinurat, yang ikut ‘menggiring’ petinggi ESDM bersama rombongan melihat kinerja operasional pabrik yang mengolah bahan baku kayu menjadi pulp (bubur kertas) berkualitas ekspor, termasuk pembangkit listrik multi bahan bakar (multi-fuel-boiler).

Abdullah Fahmi, Kepala Bagian OJK Sumatera mengemukakan penilaiannya terhadap produktivitas energi yang dihasilkan TobaPulp.

“TobaPulp melakukan efisiensi energi sangat-sangat bagus, mulai dari menghasilkan energi listrik sendiri untuk operasional pabrik hingga program daur-ulang yang sangat efisien. Program ini sangat membantu meringankan biaya,” komentarnya usai meninjau multi-fuel-boiler perusahaan yang menghasilkan listrik untuk pemakaian sendiri dengan memakai bahan bakar campuran sehingga tidak bergantung pada satu macam bahan bakar meliputi bbm, kulit kayu serta cangkang, tandan, dan pelepah kelapa sawit.

Tianni berterimakasih atas kesempatan menyaksikan sendiri pengelolaan efisiensi yang dilakukan TobaPulp dalam operasionalnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *