Kenaikan Harga Antam Dorong Peningkatan Transaksi Pegadaian Medan

OBROLANBISNIS.COM – Harga emas batangan bersertifikat milik PT Aneka Tambang (Antam), hari ini, Jumat (20/5/2016), bergejolak. Seperti dikutip dari situs Logam Mulia, harga pecahan 1 gram emas antam Rp 588 ribu.

Menurut Kepala Humas PT Pegadaian (Persero) Medan, Lintong Panjaitan, kenaikan harga emas logam mulia sudah diprediksi dari jauh hari. Sebab, pada umumnya, menjelang momen puasa harga emas antam akan mengalami kenaikan harga.

“Harga logam Antam hari ini naik Rp 4.000, satu gramnya Rp 588 ribu. Ini memang sudah bisa diprediksi dari jauh hari. Karena setiap mendekati puasa, harga emas antam akan naik,” ujarnya.

Dengan kenaikan harga emas Antam, Lintong mengatakan, berdampak dengan meningkatnya jumlah transaksi gadai. Dikatakannya, kenaikan jumlah gadai mencapai 20 persen.

“Harga emas naik, transaksi gadai juga meningkat. Ini ada peningkatannya sebesar 20 persen. Kalau datanya belum bisa dihitung pasti ya, karena awal bulan nanti baru bisa dihitung semua. Tapi ini sekitar 20 persen naiklah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, kenaikan jumlah transaksi gadai ini, diakibatkan karena banyak masyarakat ingin membeli kebutuhan menjelang bulan puasa.

“Kalau puasa itu, kebutuhan masyarakat kan meningkat. Banyak yang mau gadai, ada yang ingin ganti mukenah, sajadah, mau beli daging, dan banyak yang lain. Jadi banyak yang memilih untuk menggadaikan perhiasannya di Pegadaian,” jelasnya.

Lintong menambahkan, Pegadaian tidak hanya melayani transaksi gadai barang jaminan berupa emas saja. Disampaikannya, kendaraan bermotor juga dapat digadai ke perusahaan milik BUMN tersebut.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan tambahan modal usaha, yang digadaikan itu tidak hanya emas, kendaraan juga bisa. Jenis produknya dinamakan Kredit Usaha Mikro. Ini salah satu produk unggulan Pegadaian, bisa diperoleh secara konvensional maupun syariah” pungkasnya. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market