7 Tips Berbelanja Online Hemat di Bulan Ramadhan

OBROLANBISNIS.COM – Menyambut bulan suci Ramadhan, berbagai perusahaan eCommerce lokal maupun asing berlomba-lomba untuk melakukan promosi untuk menarik customer.

Dihadapkan dengan ratusan pilihan, customer eCommerce haruslah memilih tempat berbelanja yang tepat agar tidak hanya mendapatkan harga terbaik, tapi juga memperoleh manfaat terbanyak.

Berikut beberapa tips agar customer dapat berbelanja secara aman dan nyaman:

1. Selidiki Situs Belanja Online
Luangkan sedikit waktu untuk mencari tahu lebih banyak mengenai kredibilitas situs belanja online pilihan. Riset berdasarkan Alexa.com menunjukkan bahwa beberapa situs belanja online ternama, yakni MatahariMall, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli termasuk dalam 50 situs belanja online yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

2. Cek Koleksi dan Bandingkan Harga
Bagi customer yang gemar belanja, ada baiknya mencari situs dengan koleksi yang beragam dengan harga yang pas di kantong. Tanpa disadari, pilihan yang beragam akan memudahkan customer untuk menemukan produk yang tepat. Anda juga dapat membandingkan harga produk serupa dalam beberapa situs belanja online sekaligus untuk mendapatkan harga terbaik.

3. Pilihan Alternatif Untuk Metode Pembayaran
Kini, situs-situs belanja online semakin menyaingi ritel offline dalam konteks penyediaan metode pembayaran. Sebuah situs berbelanja online yang bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia, akan menyediakan potongan harga atau bunga cicilan yang rendah, sebut saja cicilan 0% di MatahariMall.com. Kuncinya adalah memerhatikan situs-situs belanja online yang memberikan diskon sesuai dengan kartu yang dimiliki.

Bila tidak memiliki kartu kredit namun perlu mencicil, pilihlah situs belanja online yang menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit, seperti penyedia program Super Cintaku (Super Cicilan Tanpa Kartu).

Bila merasa ragu akan kualitas barang ketika berbelanja online, pilihlah situs belanja online yang menerapkan sistem COD (Cash On Delivery), salah satunya MatahariMall.com yang merupakan pelopor fitur O2O (Online-to-Offline) yang memungkinkan customer untuk mengambil, membayar, dan mengembalikan produk di seluruh cabang Matahari Department Store maupun eLocker yang tersebar di PT Pos Indonesia, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, apartemen, dan universitas.

4. Metode Pengiriman Barang
Ketika berbelanja online, seorang customer harus cermat dalam memilih metode pengiriman barang yang diterapkan situs belanja online. Sekalipun harga barang di sebuah situs terlihat murah, belum tentu biaya yang dikeluarkan akan tetap lebih murah ketika ditambahkan dengan biaya kirim. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan harga akhir yang tertera merupakan harga terbaik.

5. Memperhitungkan Diskon dan Promosi
Di bulan Ramadhan, ini banyak situs online yang menawarkan berbagai macam diskon dan promosi khusus. Customer harus cermat memilih situs berbelanja yang mampu memberikan harga terbaik, sebut saja gadget yang dijual seharga 1,6 juta pada sebuah situs, dijual seharga 1,8 juta di situs lainnya dengan menyediakan diskon khusus, dan harganya menjadi 1,4 juta saja. Karena metode pencarian diskon ini memerlukan upaya lebih, customer sering kali mengabaikan keberadaannya.

“Secara berkala, MatahariMall menghadirkan diskon dan promosi. Kami mengharapkan agar customer dapat teliti dalam mencari diskon yang disediakan oleh eCommerce lainnya juga, misalnya dengan memperhatikan banner website, newsletter, membuka laman kategori produk pilihan, dan lain-lain. Tentunya customer tidak ingin melewatkan kesempatan memeroleh barang lebih murah dengan diskon dan promosi khusus,” jelas Regan Dwinanda, Head of Communication and Partnership MatahariMall.com.

6. Berlangganan Newsletter dan Mengikuti Akun Media Sosial eCommerce Favorit
Pengunjung situs berbelanja online seringkali dihadapkan dengan pilihan untuk memasukkan alamat email dan penawaran berlangganan newsletter. Rupanya, bagi individu-individu yang gemar berbelanja online, newsletter dapat menjadi fitur yang praktis. Melalui newsletter, customer dapat selalu mengetahui koleksi, promo, dan penawaran menarik dari situs-situs tersebut. Fitur ini juga mempermudah customer dalam membandingkan harga antara eCommerce satu dengan yang lainnya.

Jika berlangganan newsletter dianggap memenuhi kotak pesan dari akun e-mail, media sosial milik eCommerce, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Line pun dapat dijadikan sebagai ajang memeroleh informasi serupa. Selain itu, pemegang akun media sosial milik eCommerce tertentu juga aktif memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan customer yang masuk.

7. Mencari Program Kejutan yang Menyenangkan
Selama bulan Juni 2016, MatahariMall.com akan memanjakan customer dengan Pesta Sale Gila – Gilaan (Petasan), yakni potongan harga 99% untuk beberapa barang pilihan yang tersedia dalam jumlah terbatas.

“Memang barang-barang yang didiskon 99% hanya tersedia dalam jumlah sedikit. Kami mengharapkan partisipasi dan kerja sama pelanggan untuk terus memantau media sosial MatahariMall agar senantiasa mengetahui mengenai produk idaman yang sedang didiskon. Melalui media sosial, MatahariMall juga mengumumkan nama pelanggan beruntung yang berhasil mendapatkan produk incaran dengan harga miring,” tambah Regan.

Selain menyediakan diskon besar, MatahariMall juga menyediakan cash back sebesar 99% untuk 9 customer beruntung yang dipilih secara acak seminggu sekali oleh MatahariMall.com. Seperti yang dialami oleh Bapak Fitrio Ari, salah satu dari 9 pemenang yang mendapatkan cash-back 24 juta dari pembelian Motor Yamaha NMAX di MatahariMall.com.

Bila memerhatikan tujuh poin di atas, niscaya customer tidak perlu khawatir akan mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya. Karena itu, cermat dalam memilih adalah kunci untuk meraih keuntungan melalui situs-situs belanja online di bulan yang penuh berkah ini. (rel/OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market