Jumlah Pengusaha Indonesia Masih Kalah dengan Negara Tetangga

OBROLANBISNIS.COM – Data dari Global Enterpreneurship Monitor (GEM) mencatat, pada 2013 jumlah penduduk Indonesia usia 18-64 tahun yang berniat memulai usaha mencapai 35%, jauh lebih tinggi dari Malaysia yang hanya 12% dan Thailand yang mencapai 18,5%.

Walaupun demikan, ternyata jumlah pengusaha di Indonesia masih kalah dengan negara-negara tetangga. Singapura mencapai 7% dari jumlah penduduk, Malaysia sebanyak 5%, dan Thailand sebanyak 4%.

Sementara Amerika Serikat dan Jepang, sebagai negara maju, memiliki jumlah pengusaha lebih dari 10% dari jumlah penduduk. Oleh karena itu, tahun ini pemerintah Indonesia menargetkan pertumbuhan hingga 2% untuk jumlah pengusaha di Indonesia.

Peningkatan jumlah entrepreneur pun jadi mendesak, mengingat 2016 ini Masyarakat Ekonomi ASEAN, ACFTA (ASEAN-China Free Trade Area), dan APEC (Asia-Pacific Economic Coorperation) dimulai.

“Kewirausahaan merupakan urat nadi dari pertumbuhan ekonomi negara. Untuk memenuhi kebutuhan akan kewirausahaan ini, dibutuhkan pemberdayaan yang mapan terhadap generasi muda Indonesia,” ujar Rektor Sampoerna University, Wahdi Salasi April Yudhi dalam siaran persnya yang diterima, Jumat (17/6/2016).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market