Bijak Mengelola THR

OBROLANBISNIS.COM – Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan berkah. Selain di bulan ini umat Muslim melaksanakan ibadah puasa, sampai penghujung Ramadhan disambut dengan perayaan Idul Fitri, ada Tunjangan Hari Raya (THR) yang turut menambah keceriaan Ramadan menjadi berlipat ganda.

Semarak Idul Fitri membuat uang THR seakan-akan harus dihabiskan dalam sesaat, demi merayakan lebaran. Baju baru, kendaraan baru, serba baru. Padahal, akan lebih bermanfaat jika sebagian dari uang tersebut kita sisihkan sebagai proteksi atau perencanaan di masa depan. Senang di hari ini, sekaligus tenteram menghadapi hari nanti.

Inilah tips untuk mengelola THR dengan cermat:

1. Prioritaskan Untuk Hari Raya
Sesuai dengan namanya, Tunjangan Hari Raya, maka uang ini memang ditujukan untuk digunakan pada Hari Raya Lebaran. Jadi prioritaskan penggunaannya untuk keperluan Lebaran, seperti membeli tiket mudik dan menyiapkan THR untuk saudara dan handai taulan saat hari raya. Meski diprioritaskan untuk Hari Raya, bukan berarti harus habiskan semua uang THR untuk hal ini. Kendalikan pengeluaran dengan bijak.

2. Pakai Untuk Bayar Hutang Atau Dana Darurat
Apa masih ada hutang atau cicilan yang masih belum lunas? Sebaiknya pakai sejumlah uang THR ini untuk membantu melunasi hutangmu. Mempunyai hutang yang berlarut-larut hanya akan memberatkan finansial. Akibatnya kita akan semakin sulit menabung karena pendapatan selalu tergerus untuk membayar hutang. Jadi selagi punya uang tambahan, segera alokasikan untuk membayar hutang. Semakin cepat lunas, semakin baik. Jika tak punya hutang, sisihkan uang THR untuk simpanan dana darurat. Keperluan mendadak bisa terjadi kapan saja, dan biayanya juga tidak bisa diprediksi. Untuk keperluan membayar hutang atau simpanan dana darurat ini, sebaiknya sisihkan 15 persen dari THR.

3. Pisahkan untuk Ditabung
Seringkali permasalahan utama yang menghalangi untuk menabung adalah karena tidak punya uang untuk ditabung. Uang THR ini bisa jadi sumber penghasilan tambahan yang bisa membantu mendongkrak jumlah tabungan yang tadinya stagnan.

Pisahkan sejumlah uang THR untuk hal tak terduga di masa depan. Dana tabungan ini akan lebih bijak jika dialokasikan menjadi asuransi. Dengan asuransi, kita dapat selalu siap menghadapi risiko tak terduga dalam hidup, seperti musibah. Untuk pos ini, sisihkan kira-kira 10 persen dari total uang THR.

4. Sisihkan Untuk Perencanaan Masa Depan
Rencana-rencana di masa depan tak akan terwujud tanpa dukungan finansial. Biaya pendidikan anak, sampai kebutuhan masa pensiun, adalah kebutuhan di masa depan yang harus kita siapkan sejak dini. Asuransi dapat menjadi solusi.

Selain mendapatkan proteksi, asuransi juga dapat membantu kita menyiapkan perencanaan keuangan jangka panjang. Anda dapet menyisihkan sekitar 10% untuk perencanaan masa depan bagi anda dan buah hati anda.

5. Berbagilah Dengan Yang Membutuhkan
Bukalah mata dan lihat orang-orang di sekitar, banyak yang hidupnya lebih tidak beruntung dibanding kita. Selagi kita memiliki kemampuan lebih secara finansial, tidak ada salahnya kita sisihkan untuk berbagi. Dengan berbagi, uang THR kita dapat menjadi hal yang bermakna bagi orang lain.

sumber: www.cermati.com

You May Also Like

One thought on “Bijak Mengelola THR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market