TobaPulp Siap Hijaukan Danau Toba Jadi Destinasi Wisata Indonesia

“TobaPulp memberikan perhatian akan hal ini. Kami telah melakukan penghijauan akan Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba beberapa kali baik bersama pemerintah maupun secara independent,” ujar Juanda, Kamis (4/8/2016), menyikapi program pemerintahan Jokowi.

Bacaan Lainnya

TobaPulp, perusahaan perkebunan kayu melalui izin Menteri Kehutanan memiliki Luas 188.055 ha dibeberapa kabupaten memiliki areal kerja di daerah DTA Danau Toba. Disinggung hal ini, Juanda menerangkan, bahwasanya benar pihak perusahaan memiliki areal di DTA di Kabupaten Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Simalungun, Tapanuli Utara Dan Samosir namun hanya dalam skala kecil.

“Luas lahan sesuai izin kita melalui SK 579 diareal DTA 13,2% namun hanya 3% yang kita tanami Eucalyptus, selebihnya kita pelihara sebagai kawasan lindung dan kawasan konservasi dimana didalamnya masih ditemukan vegetasi alami seperti rusa, ayam hutan, beruang bahkan bunga raflesia arnoldi. Jadi pengaruh kita terhadap DTA Danau Toba sangat tidak signifikan,” terang Juanda.

Menurut Juanda, saat ini konsesi HTI TobaPulp juga dapat dimanfaatkan sebagai destinasi agrowisata baru di kawasan ekowisata Danau Toba. Seperti di Sektor HTI Aek Nauli Kabupaten Simalungun, dengan jajaran pohon Eucalyptus – bahan baku perusahaan, hidup berdampingan dengan kawasan hutan lindung yang terjaga kelestariannya.

Bahkan objek tersebut juga dapat dimanfaatkan bagi para pencinta olahraga offroad. Di HTI TobaPulp ini juga para pertualang dapat mengunjungi beberapa lokasi berbeda yaitu kawasan hutan lindung, aliran sungai dari mata air segar, lokasi penanaman pohon aren dan pohon kemenyan yang dipelihara serta situs situs sejarah sumur peninggalan Sisingamangaraja XII.

Sistem pemanfaatan hutan yang dikelola oleh TobaPulp jelas memberi kesan positif bagi siapapun yang menyaksikan. Bahkan para wisawatan dapat menyaksikan jajaran pohon yang indah tersusun dengan rapi. Ketika tiba di lokasi penanaman pohon yang dipelihara perusahaan, para petani mampu menghipnotis para petualang dengan pertunjukan cara penanaman sesuai dengan kepercayaan, hingga cara melakukan pemanenan aren dan kemenyan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *