Triwulan II 2016 | Perekonomian Sumut Melonjak Tajam

OBROLANBISNIS.COM – Diluar perkiraan ekonomi Sumatera Utara (Sumut) menunjukkan perbaikan yang signifikan pada triwulan II 2016.

PDRB tumbuh dari 5,0% (yoy) menjadi 5,7% (yoy). Perbaikan kinerja terjadi di sisi permintaan domestik dan sektor eksternal. Kondisi tersebut menunjukkan indikasi berlanjutnya tren perbaikan ekonomi meski sempat melambat di triwulan sebelumnya.

Menurut Direktur Eksekutif Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Difi A Johansyah perkembangan tersebut juga memberi keyakinan bahwa ekonomi Sumut di tahun 2016 lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Membaiknya perekonomian domestik pada triwulan ini tidak terlepas dari adanya pergeseran bulan Ramadhan yang disertai dengan perbaikan harga komoditas perkebunan, sehingga meningkatkan daya beli masyarakat sepanjang triwulan II 2016,” katanya dalam siaran pers yang diterima, Rabu (10/8/2016).

Aktivitas konsumsi rumah tangga pada periode ini juga diperkuat dengan adanya pencairan THR, gaji ke 13 dan gaji ke 14 serta realisasi inflasi yang relatif rendah dan terkendali. Dengan demikian, konsumsi swasta mengalami perbaikan yang sangat signifikan, dari 4,7% (yoy) menjadi 5,2% (yoy). Begitu juga dengan konsumsi pemerintah yang terakselerasi sesuai dengan polanya, sebesar 4,3% (yoy) menjadi 4,5% (yoy).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market