Tanoto Foundation Ajak Perguruan Tinggi Berkolaborasi Lahirkan Wirausaha

Dia memaparkan, survei Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) di 38 negara pada 2015, menunjukkan 70% – 95% perusahaan merupakan usaha mikro dengan pekerja kurang dari 10 orang.

Bacaan Lainnya

Data ini menunjukkan usaha mikro dapat diandalkan menjadi kekuatan baru dalam meningkatkan perekonomian nasional. Apalagi, pemerintah sangat mendukung ekonomi kreatif yang didominasi oleh wirausaha mikro.

Belajar dari pengalaman usaha yang dirintis ayahnya, Sukanto Tanoto, yakni pendiri kelompok usaha RGE (Royal Golden Eagle), terdapat tiga hal pemacu pertumbuhan wirausaha.

Pertama, mengembangkan bisnis berbasis sumber daya yang ada di negara itu. Kedua, mengembangkan bisnis inovatif yang menjawab persoalan masyarakat. Ketiga, bisnis harus memiliki filosofi yang jelas.

Grup RGE menganut filosofi 4Cs yaitu: Good for Community, Good for Country, Good for Climate, and Good for Company.

Sementara itu, Susanti Alie mengatakan, wirausaha harus melihat kesempatan yang ada di lingkungan sekitar.”Penting bagi wirausaha membangun jaringan (networking). Networking menjadikan sebuah usaha atau bisnis bisa sukses. Semakin luas networking semakin baik,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *