Mahasiswa ITB Terinspirasi Sukanto Tanoto hingga Ciptakan Teknologi Penghemat Listrik

OBROLANBISNIS.COM – Satu lagi anak muda yang membanggakan Indonesia, ialah Muhammad Taufik Hidayat. Anak muda yang masih berusia 22 tahun ini, penerima beasiswa Tanoto Foundation, berhasil menciptakan sistem yang memungkinkan penghematan pemakaian listrik secara maksimal untuk kawasan bangunan perumahan maupun perkantoran.

Di tengah ancaman krisis listrik yang dihadapi negeri ini karena terbatasnya kapasitas pembangkit listrik, penemuan mahasiswa jurusan Teknik Fisika ITB (Institut Teknologi Bandung) ini ibarat oase di padang gurun.

Taufik mengaku terinspirasi pendiri Tanoto Foundation, pengusaha nasional ternama Sukanto Tanoto, untuk pantang menyerah demi menghasilkan karya terbaik.

Semangat itu akhirnya terbukti saat ia berhasil menjadi salah satu juara dalam Tanoto Student Research Awards 2015. “Saya sangat berterima kasih terhadap Tanoto Foundation dan Pak Sukanto Tanoto. Karya ini lahir karena saya sangat terinspirasi oleh nasehat Pak Sukanto terutama kata-kata beliau Don’t give up without a fight.”

Tanoto Foundation memberi dukungan kepada Taufik untuk mewujudkan risetnya mengenai sistem penghematan penggunaan listrik. Penelitian itu dia sebut ‘Integrasi Sistem Kontrol dan Monitoring Energi Listrik dengan Dukungan Sistem Pendukung Keputusan untuk Keperluan Konservasi Energi pada Bangunan Komersial’.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market