Aksi Pertamina Peduli Melestarikan Ekosistem Terumbu Karang dan Konservasi Hutan

OBROLANBISNIS.COM – Pertamina Peduli mengalir ke Kota Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kali ini, menyasar pada pelestarian ekosistem laut dan konservasi hutan.

Hal itu ditujukan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I di Perairan Laut Sungai Pisang Teluk Kabung Selatan dan Kampung Olo Teluk Kabung Tengah Kecamatan Bungus Kota Padang, Sumbar, Kamis (15/9/2016).

Pelestarian ekosistem laut dengan menanam terumbu karang buatan di Gosong Bada dan Gosong Karang Bayang dibuka oleh Operation Head (OH) Terminal BBM (TBBM) Teluk Kabung, Mukhlis Dalimunthe bersama Kepala Bidang Pengawasan Pesisir dan Pulau Kecil Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Padang, Noviarman dengan menyerahkan 80 balok kubus terumbu karang buatan kepada Kelompok Konservasi Terumbu Karang Sungai Pisang untuk selanjutnya ditanamkan di dasar laut kawasan konservasi pesisir Sungai Pisang.

Terdapat 5 jenis terumbu karang di Perairan Laut sungai Pisang, yaitu karang submasif (gallaxea dan pectinia), karang masif (porites ap dan favia sp), coral mushroom (fungia), karang lunak (soft coral), acropora branching dan karang mati (dead coral alga) yang sudah ditumbuhi oleh alga.

Mukhlis Dalimunthe mengungkapkan bahwa upaya pelestarian ekosistem dengan penanaman terumbu karang merupakan bagian dari kegiatan pelestarian lingkungan di sekitar operasi TBBM Teluk Kabung.

“Bantuan penanaman terumbu karang bertujuan untuk merehabilitasi area terumbu karang yang telah mengalami penurunan kualitas fisik sekaligus memperbaiki habitat asli biota laut di pesisir Kota Padang tersebut,” ungkap Mukhlis.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market