Tiga Perusahaan Kebun Sawit Unit Bisnis Asian Agri Terima Sertifikat ISPO

OBROLANBISNIS.com – Dalam rangka Hari Perkebunan ke 59 tahun sekaligus peresmian Museum Perkebunan Indonesia di Sumatera Utara (Sumut), Asian Agri sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia, kembali menerima sertifikat ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil System) atas unit bisnisnya.

Sertifikasi ISPO tersebut diperoleh PT MUP (Mitra Unggul Pusaka), PT RAU (Rigunas Agri Utama) yang berlokasi di Riau dan PT Gunung Melayu berlokasi di Sumut, adalah unit bisnis dari Asian Agri.

Ketiga sertifikat diserahkan dan diterima langsung oleh Simon Sihotang, Head Estate Asian Agri, Ferry D Sinaga, Regional Head Sumut dan Mariadi, Human Resources Opeartion Asian Agri, yang disaksikan Dirjen Perkebunan, Ir Bambang MM dan Kepala Sekretariat ISPO, R Azis Hidayat, Sabtu (10/12/2016).

Usai penyerahan sertifikat ISPO kepada sejumlah perkebunan kelapa sawit, Kepala sekretariat ISPO, R Azis Hidayat mengatakan, program ISPO merupakan kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementrian Pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar dunia.

Selain itu, ikut berpartisipasi dalam rangka memenuhi komitmen Presiden Republik Indonesia untuk mengurangi gas rumah kaca serta memberi perhatian terhadap masalah lingkungan. “Kementerian Pertanian akan melaksanakan penilaian bagi perusahaan perkebunan untuk sertifikasi ISPO secara transparan dan independen,” jelasnya.

Seiring dengan perkembangannya, sertifikasi ISPO tak hanya diperuntukan bagi perusahaan kebun kelapa sawit melainkan juga pada petani sawit yang butuh disertifikasi, agar produksinya dapat diterima oleh pasar.

Dalam penerapan ISPO di Indonesia ada 19 produk Undang-undang yang telah mengatur terkait industri kelapa sawit yang berkelanjutan. “Pemberian ISPO itu bertujuan agar buah sawit terjamin diterima oleh mancanegara. Karena sebagian produksi kelapa sawit diekspor ke berbagai negara,” ungkapnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market