TPL Berangkatkan Petani Tobasa ke Jabar Dalami Ilmu Pertanian

OBROLANBISNIS.com – PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) perusahaan bubur kertas di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), memberangkatkan sedikitnya 10 orang petani di berbagai kecamatan di Toba Samosir.

Para petani akan diberi pelatihan dan pengetahuan, mengenai peningkatan produktivitas pertanian. Pelatihan selama lima hari ini, diadakan di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) Sukamandi Subang, Provinsi Jawa Barat.

Bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten, pelatihan diberikan kepada petani Toba Samosir, yang selama ini mampu bertahan meskipun lahan pertanian mulai menurun.

Padahal, kawasan Tapanuli sempat menjadi daerah lumbung pertanian dan surplus padi, di Sumatera Utara. Dinas pertanian Kabupaten Tobasa menyebutkan, dulunya lahan pertanian di Tobasa 1 mencapai 1 juta hektare. Namun kini berkurang menjadi lahan pemukiman dan perumahan.

“Berkurangnya lahan pertanian di wilayah ini, akibat alih fungsi menjadi perumahan atau permukiman serta berbagai bangunan lainnya milik swasta. Saat ini jumlah lahan 18.000 ha, persawahan terus berkurang,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Tobasa, Toa Pangaribuan, kemarin.

Menurutnya, untuk menyikapi hal tersebut perlu ditingkatkan produktivitas sawah, melalui kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan TPL dalam pelatihan dan pengetahuan para petani.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market