Bonus Bagi Pemerintah Kab/Kota di Sumut Jika Mampu Perluas Lahan Pangan

OBROLANBISNIS.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), H Tengku Erry Nuradi akan memberikan bonus, bagi kab/kota yang minimal bisa mempertahankan dan kalau bisa diperluas lahan tanaman produksi pangan agar tidak terjadi alihfungsi.

“Petani dan pemerintah kab/kota harus bijak dan jeli memanfaatkan lahan kosong untuk tanaman semusim. Kita akan beri bonus, jika bisa diperluas lahan tanaman produksi pangan agar tidak terjadi alihfungsi,” sebut Tengku Erry, kemarin, saat panen cabai di Kabupaten Batubara.

Menurut Tengku Erry, perlu adanya solusi lainnya berupa reward dan punishment agar keberadaan lahan pertanian pangan tetap terjaga. “Perlu adanya reward desa-desa yang mampu menambah atau mempertahankan lahan pertaniannya. Sebaliknya ada sanksi kepada desa yang tidak bisa mempertahakan lahan pertaniannya,” kata Erry.

Erry menyebutkan, bentuk penghargaan atau reward bisa berupa hadiah dalam bentuk pembangunan lumbung pangan atau pemberian alat-alat pertanian. “Tahun 2017 kita dan DPRD sepakat akan ada 500 desa yang diberikan hadiah alat-alat pertanian bagi yang bisa mempertahan dan melindungi lahan pertaniannya. Kita harap pertanian kita akan semakin paten,” ucap Erry. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market