Cegah Tawaran Investasi Bodong | Tim Satgas Waspada Investasi Dibentuk

“Salah satu yang kita lakukan, yaitu melakukan pencegahan melalui edukasi dan sosialisasi kepada pelaku industri jasa keuangan dan masyarakat tentang praktik penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi oleh pihak yang tidak mempunyai izin atau menyalahgunakan izin,” katanya

Selain itu, melakukan pemantauan terhadap potensi terjadinya tindakan melawan hukum di bidang penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi. Penanganan dugaan tindakan melawan hukum di bidang penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi yang mempunyai potensi merugikan masyarakat.

“Dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap kegiatan investasi ilegal, Satgas Waspada Investasi melakukan upaya penanganan dengan pemblokiran situs,” ujarnya.

Ditambahkan juga dengan pemeriksaan bersama kegiatan usaha, meminta kepada pihak yang diduga melakukan kegiatan investasi ilegal untuk menghentikan kegiatan usaha; dan melakukan proses penegakan hukum melalui proses peradilan pidana.

“Dan satgas Waspada Investasi membantu proses penyidikan kasus melalui menyiapkan data, dokumen, saksi serta saksi ahli,” ucapnya.

OJK menghimbau kepada masyarakat, agar sebelum melakukan investasi untuk memastikan perusahaan atau pihak yang menawarkan telah memiliki izin.

“Jika menemukan penawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat bisa engkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK,” pungkasnya. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market