Asian Agri Gandeng Tim Kedokteran USU Periksa Kesehatan Masyarakat Desa

OBROLANBISNIS.com – Salah satu unit bisnis Asian Agri, yakni PT Nusa Pusaka Kencana (NPK) dengan menggandeng Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (TBM FK USU) melakukan pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal untuk masyarakat sekitar kebun.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari (11 – 12 Februari 2017), bertempat di Balai Karyawan PT NPK – Kebun Bahilang. Pada hari pertama dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis, dan selanjutnya sunatan massal di hari kedua.

Pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan, meliputi pengobatan umum, pemeriksaan kandungan, deteksi kanker rahim, dan pemeriksaan telinga, yang dihadiri oleh Head Sustainability & CSR Asian Agri Welly Pardede, PR II FK USU Dr dr M Fidel Ganis Siregar MKed, Manager Kebun Bahilang Bambang Hermanto, Camat Padang Tualang Abdul Halim, mewakili Camat Tebing Syahbandar Syarifuddin, Koordinator CSR Sumut Fajar Suryono, KTU PT NPK Sukamto, Dokter Asian Agri, Ketua TBM FK USU Syahrul, Petugas Puskesmas Tebing Syahbandar, Kepala Desa Bahilang Heri Irwandi, Lurah Tualang, Kepala Desa Penggalian dan sejumlah tokoh agama dan masyarakat.

Camat Padang Hulu Abdul Halim mengapresiasi aksi sosial yang dilaksanakan PT NPK. Camat menyebutkan, sudah sering PT NPK memberikan bantuan ke Kelurahan Tualang dan Padang Merbau hingga masyarakat.

“Saya mewakili masyarakat Kelurahan Padang Hulu yang berbatasan dengan PT NPK sangat mengapresiasi program – program CSR kebun yang diberikan terhadap masyarakat kami, missal bantuan untuk renovasi sekolah, mobiler, MCK sekolah, bantuan untuk rumah ibadah, kesehatan dan lain sebagainya, kami sudah merasakannya,” ujar Camat.

Abdul Halim menambahkan, secara administratif Kebun Bahilang terletak di Kabupaten Serdang Bedagai, sementara Desa Tualang.dan Padang Merbau berada di Kecamatan Padang Hulu yang masuk wilayah Kodya Tebing Tinggi, namun perusahaan tidak melihat hal tersebut, lebih kepada tetangga dekat.

“Kami sangat mendukung operasional perusahaan berjalan lancar. Semoga perusahaan memperoleh keuntungan yang besar, sehingga masyarakat sekitar ikut menikmatinya,” doa Camat.

Sementara itu, Head Sustainability & CSR Welly Pardede mengatakan, Corporate Social Responsibility atau CSR merupakan komitmen Asian Agri dalam menjalankan operasional bisnisnyanya. Program CSR dijalankan dengan melihat kebutuhan masyarakat sekitar perusahaan sesuai batas kewajaran yang dilakukan secara partisipatif.

“Artinya, butuh keterlibatan masyarakat ataupun pihak terkait lainnya. Keterlibatan masyarakat yang tinggi merupakan kunci keberhasilan program CSR untuk terlaksana dengan baik. Keberhasilan program CSR diharapkan mampu membantu peningkatan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat, sehingga masyarakat benar – benar menerima manfaat kehadiran perusahaan dan terjalin hubungan harmonis antara masyarakat dengan perusahaan,” harapnya.

Menurutnya, Asian Agri membagi program CSR ke dalam 6 bidang, yaitu Bidang Karikatif, Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan Lingkungan Hidup.

“Pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal ini merupakan salah satu kegiatan di bidang kesehatan. Kami ingin melihat bahwa masyarakat di sekitar perusahaan sehat – sehat, pada tahun lalu kami juga melakukan pelatihan kader posyandu dan pemberian bantuan alat – alat kegiatan posyandu ke desa – desa sekitar perusahaan. Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, pemerintahan desa, kecamatan dan stakeholder lainnya yang turut berperan dalam menjaga kondusivitas perusahaan. Kerjasama yang baik ini semoga terus berlanjut dan semakin meningkat, sehingga kita benar – benar hidup berdampingan secara harmonis,” minta Pardede.

PR II Dr dr M Fidel Ganis Siregar MKed sangat mendukung kegiatan pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal untuk masyarakat. “Kami dari FK USU sangat mendukung kegiatan – kegiatan seperti ini karena bisa membantu masyarakat untuk memeriksakan kesehatan secara mudah, semoga acara bisa berjalan lancar,” ucapnya.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal ini juga pernah dilakukan pada tahun 2014 dan juga bekerjsama dengan TBM FK USU.

Manager KBL Bambang Hermanto dan Ketua Panitia TBM FK USU, Ade Indrawan mengatakan, dalam kegiatan tahun ini peserta sunatan massal mencapai target sebanyak 75 orang, pengobatan gratis 160 orang, pemeriksaan ibu hamil 16 orang, deteksi kanker rahim 12 orang, dan pemeriksaan telinga sebanyak 200 orang. Untuk kegiatan pemeriksaan telinga dilakukan dengan mengunjungi sekolah – sekolah yang ada disekitar kebun.

Salah satu peserta yang berobat dari Kelurahan Tualang, Imran mengatakan, sangat terbantu adanya berobat gratis ini, karena bisa lakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

PT NPK – Asian Agri & TBM FK USU memberikan bingkisan kepada peserta sunatan massal berupa sarung, lobe, alat tulis dan uang saku anak – anak.

Salah satu peserta sunatan masal, Afriansyah kelas V SD Bahilang mengatakan, senang bisa ikut sunatan massal, karena rame dan banyak teman.

Seperti diketahui, beberapa program CSR yang sudah dilakukan 3 tahun terakhir oleh PT NPK – Bahilang adalah Bidang Karikatif (pembagian paket dhuafa yang dilakukan rutin setiap tahun, bantuan peralatan olahraga, bantuan bencana banjir dan lain sebagainya); Bidang Pendidikan (bantuan mobiler di SDN Kelurahan Tualang, SDN Bahilang dan MAN Tebing Tinggi, serta perbaikan atau pembangunan ruang kelas Yayasan Alhidayah Padang Merbau dan lain sebagainya).

Bidang Ekonomi meliputi budidaya ternak domba, dan pengembangan kebun sayur keluarga; Bidang Kesehatan (pelatihan kader posyandu, bantuan peralatan posyandu, pemberian makanan tambahan, pemeriksaan kesehatan gratis, sunatan massal dan lain sebagainya).

Bidang Infrasruktur berupa setiap tahun juga rutin melakukan bantuan ke rumah ibadah untuk mesjid maupun gereja yang ada disekitar kebun baik bantuan material, perbaikan ataupun pembangunan, seperti MCK Musshola Al Amanah Kelurahan Tualang, MCK Masjid Al Ikhlas Desa Penggalian, Renovasi mesjid Nur Iman – Penggalian, Renovasi Teras Mushalla Al Amin P Merbau, dan lain sebagainya. (rel/OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market