Manfaat CSR TPL Dirasakan Petani Jeruk Kabupaten Dairi

OBROLANBISNIS.com– Kelompok Tani Hutan Alam Jaya yang berlokasi di Kabupaten Dairi, adalah salah satu potret keberhasilan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk.

Berawal dari kelompok yang beranggotakan petani kopi dan cabe, Kelompok Tani Hutan Alam Jaya kini memiliki anggota yang berhasil berbudidaya tanaman jeruk.

Ketua Kelompok Tani Hutan Alam Jaya, Pardomuan Nainggolan mengatakan, melihat prospek yang terbuka untuk mengembangkan tanaman jeruk di Desa Parbuluan IV Sigalingging Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi.

Tahun 2010 dirinya memindahkan daerah penanaman jeruk dari Kabupaten Karo ke lahan pertanian di Dairi. Pemindahan dilakukan akibat dampak erupsi Gunung Sinabung, yang mengakibatkan terganggunya hasil panen jeruk.

Pemindahan dilakukan karena jeruk merupakan salah satu komoditi khas di Sumatera Utara (Sumut), dengan konsumen yang cukup besar. Itulah yang mendasari Kelompok Tani Hutan Alam Jaya mulai menanam jeruk.

Menurut Nainggolan, faktor utama dalam menanam jeruk adalah kualitas benihnya, disamping lahan dan lokasi. Dengan benih unggul, maka tanaman dapat tumbuh baik, hasil panen tinggi serta umur produksi lebih lama.

“Sehingga diperlukan benih yang sangat berkualitas, bebas penyakit dan jelas varietasnya (benih berlabel biru),” ucapnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market