Gubernur: Sumut harus Punya Pusat Lelang Komoditas Perkebunan

OBROLANBISNIS.com – Gubernur H Tengku Erry Nuradi mengharapkan Sumatera Utara (Sumut) yang memiliki potensi perkebunan dapat memiliki pusat atau pasar lelang komoditas perkebunan.

“Adanya pusat lelang untuk hasil perkebunan, maka bisa dipastikan harga komoditi akan lebih baik dan akan berpengaruh ke pasar,” kata Erry di Medan, kemarin.

Gubernur menjelaskan, Sumut memiliki perkebunan yang menjadi potensi utama. Untuk itu perlu didirikan lelang khususnya lelang hasil perkebunan yang banyak dimiliki perusahaan swasta.

“Hasil perkebunan miliki swasta cukup banyak dengan berbagai komodii seperti sawit, tembakau, karet dan lainnya. Komoditi ini dapat dilakukan lelang secara terbuka oleh pejabat lelang kelas II atau swasta,” kata Erry.

Pasar lelang komoditas perkebunan mempertemukan penyedia produk hasil pertanian dengan pembeli/pedagang/pengusaha sehingga bisa kontak langsung serta transaksi jual beli. Lelang bisa memperpendek jalur pemasaran dan dapat pembelajaran bagi petani tentang proses pemasaran baik agar terjamin keamanannya dalam proses transaksi.

Hasil-hasil lelang ini bisa dipasarkan secara terbuka apalagi dilakukan lelang sukarela. “Selain itu dari lelang ini kita bisa ketahui analisis maupun tantang serta keluhan , maka ini sebenarnya menjadi peluang pejabat lelang kelas II di Sumut,” ungkap Erry seraya menjelaskan, pentingnya lelang disosialisasikan baik itu lelang hasil perkebunan baik milik negara maupun pihak swasta yang cukup banyak di Sumut. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market