Kelompok Petani Kompos Bersama TPL Tanam Padi Varietas Unggul

OBROLANBISNIS.com – Dalam upaya peningkatan hasil pertanian padi dan surplus beras, sejumlah kelompok petani bersama PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL), perusahaan bubur kertas (pulp), melakukan penanaman padi bersama dengan sistem Jarwo.

Penanaman padi dilakukan dengan menggunakan program sistem Jajar Legowo (Jarwo) memakai benih Varietas Unggul Baru (VUB).

Penanaman bersama ini juga sebagai dukungan swasembada pangan, sekaligus sebagai upaya percobaan memunculkan penangkar pemula menuju produsen benih padi bersertifikat di Kabupaten Toba Samosir.

Program ini juga difokuskan untuk pengembangan para kelompok petani binaan perusahaan, yaitu kelompok petani kompos (KPK) dan koptan Saroha, diketuai Sunggul Sitorus.

Penanaman padi Varietas Unggul Baru (VUB) jenis Inpari 27- 28 dan Inpago 7 dengan sistem jajar legowo (Jarwo) tipe 4 : 1 melalui jarak tanam 25 × 12,5 × 50 cm di Desa Narumomda V Kecamatan Siantar Narumonda, beberapa hari yang lalu.

Kegiatan penanaman padi juga dihadiri unsur Muspika setempat, yakni Camat Siantar Narumonda Lahsa J Manullang SSTP, Sekcam Marakup Sinaga, Kades Narumonda V Fernando Marpaung maupun perwakilan TPL Jery Tobing dan assitant Manager Coorporate Communication Augusta Sirait serta Juliandri Hutabarat.

CD Officer TPL, Puji Lestari, mengungkapkan, sistem tanam jarwo kerja sama antara pihak perusahaan dengan Kelomok Tani (Koptan) menggunakan benih varietas unggul baru (VUB) jenis Inpari dan Infago, dibagi dalam dua metode percobaan.

Program penanaman ini juga melibatkan sejumlah lembaga pemerintah dan masyarakat, yakni Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Siantar Narumonda, Komisi Penyuluhan Kabupaten (KPK) Balai Pengawasan dan Sertifikat Benih (BPSB), Dinas Ketahanan Pangan Tobasa.

“TPL terus memberikan perhatian dan sejumlah program kepada kelompok tani dikawasan Tapanuli. Dengan program penanaman padi VUB dengan sistem Jarwo dapat memberikan pengaruh positif terhadap tingkat penghasilan petani,” ujar Puji Lestari dalam siaran persnya yang diterima, Selasa (2/5/2017).

Sementara itu, Camat Siantar Narumonda, Lahsa J Manullang SSTP bersama kelompok petani memberi apresiasi positif, terhadap program dan peran serta hubungan baik perusahaan dengan masyarakat.

Harapannya kegiatan seperti ini menjadi agenda tetap dan dapat dilakukan dengan kelompok tani lainnya di Kabupaten Tobasa. (rel/OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market