Indonesia Eximbank Dorong Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah Berorientasi Ekspor

OBROLANBISNIS.com РSampai dengan bulan Juni atau semester I tahun 2017, total aset Indonesia Eximbank sebesar Rp108,38 triiiun, di mana Rp96,82 triliun merupakan aktivitas pembiayaan. Pembiayaan Usaha Kecil Menengah Berorientasi Ekspor (UKME) tercatat sebesar Rp11,12 triliun atau 11,5% dari total pembiayaan.

Pencapaian ini mencerminkan keberpihakan Indonesia Eximbank terhadap UKME. Indonesia Eximbank juga terus meningkatkan fasilitas penjaminan dan asuransi kepada eksportir untuk memberikan proteksi dan rasa aman kepada pelaku usaha berorientasi ekspor dalam menghadapi berbagai risiko.

“Sepanjang semester I tahun 2017, aktivitas penjaminan dan asuransi
masing-masing mencapai Rp8,41 triliun dan Rp9,97 triliun,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, Susiwijono Moegiarso dalam acara business gathering Sewindu Indonesia Eximbank, Jumat (11/8/2017), di Medan.

Dalam rangka pelaksanaan mandat, beberapa capaian yang berhasil
dilaksanakan, antara lain penyaluran PEN kepada debitur dengan negara
tujuan ekspor pasar non tradisional; penyaluran PEN pada komoditi potensial dan jasa terkait ekspor; dan Penyaluran PEN pada industri bernilai tambah.

Selain melalui pembiayaan, penjaminan dan asuransi, dukungan Indonesia
Eximbank kepada UKM juga diwujudkan melalui jasa konsultasi. Salah satu bentuk jasa konsultasi yaitu melalui Coaching Program for New Exporter
(CPNE).

CPNE merupakan program berkelanjutan yang ditujukan bagi rintisan eksportir baru dengan cara melatih dan mempersiapkan pelaku
UKM untuk menjadi ekportir baru melalui sosialisasi, pelatihan, pameran,
bimbingan dan kegiatan lainnya kepada cluster (komunitas pelaku usaha) dan non cluster (individu UKM).

Selama semester I tahun 2017, Indonesia Eximbank telah melahirkan 3 pelaku UKME baru yang berhasil melakukan ekspor perdana untuk produk furnitur. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market