Semarak HUT RI ke 72 | Asian Agri Road Show ke Sekolah Kampanyekan ‘Merdeka dari Narkoba’

OBROLANBISNIS.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke 72, Asian Agri melalui unit bisnisnya PT Supra Matra Abadi (PT SMA) melakukan kegiatan road show ke sekolah-sekolah melakukan kegiatan penyuluhan narkoba untuk generasi penerus bangsa dengan tema ‘Generasi Muda Indonesia Merdeka dari Narkoba’.

“Kemerdekaan yang sudah diwariskan oleh para pahlawan bangsa, haruslah kita isi dengan hal-hal positip untuk kejayaan bangsa. Salah satunya dengan menjaga generasi muda kita agar menjadi generasi muda yang merdeka dari Narkoba. Sasaran kita adalah anak SMA dan SMP, yang ada disekitar perusahaan,” ujar Manager PT Supra Matra Abadi, Friendky Rumahorbo pada saat membuka acara Road Show to School.

Menurutnya, dampak buruk narkoba belakangan ini sudah menyebar kemana-manan, tidak hanya perkotaan, namun sampai juga di pedesaan. Oleh karena itu, perusahaan berharap dengan melakukan penyuluhan kesekolah-sekolah terkait bahaya narkoba dapat mencegah generasi muda terjerumus ke dunia narkoba.

Adapun kegiatan tersebut meliputi penyuluhan dengan pemateri dari Kepolisian Resort Labuhan Batu dan Dinas Kesehatan Labuhan Batu, kemudian kegiatan Lomba mengarang puisi dan karikatur dengan tema ‘Generasi Muda Indonesia Merdeka dari Narkoba’, hal ini bersamaan dengan Perayaan hari Kemerdekaan RI yang ke 72.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT SMA – Asian Agri yang diawali dengan Penyuluhan Narkoba selama 2 hari, yaitu pada 15 Agustus 2017 di SMA Negeri 1 Bilah Hulu dan 16 Agustus 2017 di SMP Negeri 1 Bilah Hulu yang terletak di Desa N6 Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Sedangkan lomba mengarang puisi dan karikatur untuk SMA dilakukan pada tanggal 15 – 24 Agustus 2017, sedangkan untuk SMP Negeri 1 dilakukan pada 08 – 16 Agustus 2017.

Penyuluhan Narkoba tersebut diisi oleh Kanit Binluh Narkoba Iptu Murniati yang membahas seputar narkoba tentang aspek hukumnya, sedangkan dari Dinas Kesehatan dibawakan oleh Helena Amd.

Iptu Murniati menyampaikan, penyalahgunaan narkoba akan mendapatkan sanksi yang berat di Indonesia, karena Indonesia adalah negara yang melarang penggunaan narkoba, dimana narkoba hanya digunakan untuk kepentingan kesehatan dan atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal tersebut diatur dalam Undang – undang No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Kita sangat prihatin dengan gempuran narkoba yang sudah menyentuh semua lapisan masyarakat, baik muda, tua, di desa ataupun kota. Indonesia sudah tidak bisa dijajah dengan peperangan, maka jalan satu – satunya adalah dengan narkoba, sehingga generasi bangsa kita hancur dan mudah diadu domba, orang yang terkena narkoba bisa dilihat dengan ciri 3 ‘ong’, yaitu suka bohong, suka bengong dan terakhir nyolong,” cetusnya.

Dalam kesempatan tersebut, Iptu Murniati juga membangkitkan semangat anak – anak SMA dengan yel – yel dan juga memotivasi pada anak SMA untuk berani tampil, berkata jujur dan benar, sehingga penyuluhan berlangsung sangat menarik dan tidak membosankan.

Selain itu, disela – sela materi juga diselingi dengan kuis – kuis berhadiah untuk anak – anak SMA yang berani tampil dan menjawab pertanyaan dengan benar.

Sementara pemateri ke 2 dari Dinas Kesehatan, Ibu Helena, Amd menyampaikan, bahwa orang yang terkena narkoba kesehatannya jelas akan terganggu, terutama syaraf – syaraf otak dan badan pengguna. Dan biasanya pemakai narkoba juga sangat erat kaitannya dengan penderita HIV, untuk itu dinegara kita diharamkan narkoba.

Kepala SMP Negeri 1 Bilah Hulu, Selameto SPd menyampaikan rasa bangga kepada PT SMA yang mau hadir ke SMP Negeri 1 Bilah Hulu. Kita terbantu dengan adanya perhatian dari perusahaan untuk mendidik anak – anak kita dalam proses belajar.

“Kami merasa bangga dengan kunjungan dan kegiatan dari PT SMA, dimana penyuluhan narkoba akan semakin menambah wawasan anak didik kita tentang narkoba, dan perusahaan juga membuat lomba mengarang puisi dan karikatur, ini bisa memotivasi anak – anak dalam mengembangkan minat dan bakat, dan tentunya akan bertambah wawasannya tentang bahaya narkoba,” katanya.

Program CSR 2017 PT SMA – Asian Agri ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak SMA dan SMP tentang bahaya narkoba, dan juga menumbuhkan minat anak – anak SMA dan SMP untuk mengarang Puisi dan Karikatur. (rel/OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market