IUWASH PLUS Ajak Masyarakat Medan Gunakan Tangki Septic Kedap

OBROLANBISNIS.com – Peringatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang dimotori USAID IUWASH PLUS bekerjasama dengan TP PKK Kota Medan berlangsung di SD Al Azhar Jalan Pintu Air IV, Kwala Bekala, Medan Johor, Sabtu (14/10/2017), mengkampanyekan pesan ajakan kepada masyarakat agar menggunakan tangki septic kedap.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Ketua TP PKK Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, Regional Manager USAID IUWASH PLUS Mohamad Yagi, Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Medan Heri Batanghari Nasution dan para SKPD Pemko Medan beserta Yayasan Perguruan Al Azhar.

Regional Manager USAID IUWASH PLUS, Mohamad Yagi dalam kesempatan itu menuturkan, perubahan prilaku masyarakat tidak hanya pada rajinnya CTPS, namun juga diharapkan di rumah sudah memakai tangki septic kedap, supaya tidak ada polusi ke dalam air tanah.

“Jika di permukaan sudah bersih, jangan sampai yang di tanah tidak bersih. Sehingga air yang kita pakai untuk cuci tangan kotor juga, sama saja bohong,” jelas dia.

Menurut Yagi, untuk pengelolaan tangki septic kedap ini peraturan daerah (perda) sudah ada, mengharuskan masyarakat gunakan tangki septic kedap. Tinggal menunggu petunjuk teknis yang sekarang sedang disusun. “Saat nanti masyarakat sudah menggunakan tangki septic kedap, tingkat diare akan jauh turun,” terangnya.

Kondisi air tanah yang kurang hygienis ini kata Yagi tidak boleh dianggap enteng. Karena akan mempengaruhi tumbuh kembang generasi bangsa. “Seperti penyakit diare ada epitel yang terkikis, sehingga menyebabkan stunting (anak pendek) dan tingkat kecerdasan menurun,” ungkap dia.

Sementara Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Medan, Heri Batanghari Nasution menyambut baik pelaksanaan sosialisasi CTPS kota Medan. Dengan kegiatan ini, semangat cuci tangan tetap terjaga.

Dijelaskannya, terkait pengelolaan air limbah, saat ini harus dilakukan perubahan asumsi di masyarakat. Dimana asumsi masa lalu, tangki septic yang bagus adalah tangki septic yang tidak pernah penuh. Ini adalah asumsi yang salah.

“Yang benar adalah septic tank yang kedap air, memiliki sistem pengolahan yang baik, sehingga limbahnya bisa dibuang dan tidak mencemari lingkungan sekitarnya,” tukasnya. [OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market