Triwulan III 2017 | Bank Mandiri Salurkan Rp 78,1 Triliun Kredit UMKM

OBROLANBISNIS.com – Bank Mandiri terus memberikan perhatian yang tinggi terhadap pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut Regional CEO Sumatera 1, Parlindungan Hutahaean, pada triwulan III/2017, Bank Mandiri telah membukukan baki debet kredit UMKM sebesar Rp 78,1 triliun, dan telah menyalurkannya kepada lebih dari 938 ribu nasabah pelaku UMKM.

Sedangkan pada program Kredit Usaha Rakyat (KUR), Perseroan telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 9,11 triliun dalam sembilan bulan pertama tahun ini, atau telah mencapai 70% dari target Rp13 triliun pada akhir Desember nanti.

“Sejalan dengan spirit memakmurkan negeri, Bank Mandiri terus berkomitmen mendukung program-program pemerintah melalui program ‘Mandiri Hadir Untuk Negeri’ dengan misi utama memberikan pendampingan serta edukasi kepada masyarakat Indonesia dalam menyalurkan bantuan sosial agar kualitas hidup masyarakat dapat meningkat,” katanya.

Penyaluran bantuan sosial (Bansos) dalam bentuk Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai akan dilaksanakan di sebanyak 151 kabupaten atau 1.664 kecamatan serta Mandiri Edukasi di sebanyak 81 kabupaten sepanjang tahun 2017. Selain itu, Bank Mandiri juga turut serta mendukung percepatan swasembada pangan dan pemberdayaan perekonomian desa khususnya di wilayah Jawa Barat melalui program kartu tani.

“Secara periodik, kami juga menerjunkan karyawan-karyawan Mandiri secara langsung ke lapangan melalui program Mandiri Volunteer untuk memberikan pendampingan dan sosialisasi kepada keluarga-keluarga penerima manfaat agar bantuan tersebut bisa dioptimalkan untuk kesejahteraan mereka,” katanya kepada awak media, Senin (30/10/2017), didampingi tiga Deputi Bank Mandiri Region I Sumatera, yakni Didit Ardiyanto, Agus Sanjaya dan Lima Senina Bangun.

Lebih lanjut, Parlindungan menjelaskan, Bank Mandiri juga berupaya memastikan kecukupan likuiditas melalui peningkatan penghimpunan dana, terutama dana murah.

Pada akhir triwulan III-2017, dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun Bank Mandiri secara tahunan tumbuh 10,3% menjadi Rp761,5 triliun. Pertumbuhan tersebut terutama didorong pertumbuhan dana murah sebesar 12,6% YoY, mencapai Rp492,5 triliun. Sehingga, rasio dana murah terhadap total DPK mencapai 64,7%. [OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market