Berdayakan SDM | Kadin Diminta Rangkul Seluruh Kementerian

OBROLANBISNIS.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengimbau Kadin Indonesia merangkul seluruh kementerian terkait dalam upaya mendorong efektivitas pemberdayaan SDM di daerah.

Harapan tersebut dikemukan Puan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Kadin Indonesia 2017 yang berlangsung di Hotel Radisson Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (14/12/2017).

Hadir dalam acara tersebut Menteri Ketenagakerjaan Hanief Dhakiri, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani dan pengurus Kadin provinsi seluruh Indonesia.

Puan mengatakan, dalam mendukung efektivitas pemberdayaan SDM di daerah, Kadin tidak hanya bersinergi dengan Menko Perekonomian tapi juga Menko terkait lainnya dalam upaya memberdayakan SDM di daerah.

“Semua diajak. Biar sinergi. Nanti akan saling mengisi. Jadi setiap komponen yang ada akan bergerak satu tujuan. Ajak Menko-menko yang terkait lainnya. Saling kerjasama,” pesan Puan.

Dalam Rapimnas II Kadin 2017 di Batam, Kadin juga diharapkan dapat mengoptimalkan keberadaan Komite Vokasi, salah satu instrumen meningkatkan daya saing masyarakat Indonesia sesuai dengan kebutuhan industri dan potensi daerah masing-masing.

Komite Vokasi nantinya berperan untuk memastikan pelatihan dan pendidikan vokasi di daerah berjalan dengan baik.

Sementara Ketua Umum Kadin Sumut, Ivan Iskandar Batubara mengatakan, keberadaan Komite Vokasi adalah sebagai instrumen pelengkap dari Pemerintah Daerah (Pemda), agar perhatian dan komitmen terhadap pelatihan vokasi dapat berjalan dengan baik. Oleh karenanya, komite ini harus dipimpin langsung oleh bupati atau kepala daerah.

“Tujuannya adalah mensinergikan seluruh pihak terkait. Tidak lagi jalan sendiri-sendiri,” ujar Ivan.

Ivan juga mengatakan, Komite Vokasi berisi seluruh unsur ketenagakerjaan di daerah yang bersangkutan, baik pemerintah, dunia usaha dan pekerja dapat mengawal pelaksanaan pelatihan dan pendidikan vokasi di daerahnya masing-masing.

Dengan adanya komite vokasi ini, kepedulian unsur ketenagakerjaan terhadap persoalan-persoalan di daerah dapat meningkat. “Komite Vokasi nantinya akan beranggotakan kepala daerah, kepala dinas terkait, asosiasi, grup-grup usaha dan lain sebagainya,” tambah Ivan.

Ivan mengatakan, Kadin Sumut terus meningkatkan komitmen dalam mengimplementasikan pelatihan vokasi di Sumut, pasca kerjasama dengan Kadin Jerman untuk pelatihan vokasi.

“Kadin Sumut telah menjalin kerjasama dengan Kadin Jerman untuk pelatihan vokasi. Kita berharap, selanjutnya Kadin Sumut akan merangkul pihak lain lagi dalam memaksimalkan manfaat pelatihan vokasi ini,” ujar Ivan.

Ivan juga mengatakan, Kadin Sumut telah mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut membentuk Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP).

“Alhamdulillah, sudah keluar SK Gubsu tentang BKSP ini. Ketuanya saya sendiri dan Sekretaris Hendra Utama. Ini amanah yang harus diemban bersama agar bersinergi dengan semua pemangku kebijakan di masa mendatang,” tambah Ivan. [rel/OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market