Ivan Batubara Intruksikan Anggota Kadin Ikut Sukseskan MTQ Nasional

OBROLANBISNIS.com – Wakil Ketua Harian Panitia Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke 27 Sumatera Utara (Sumut), Ivan Iskandar Batubara memberi pujian kepada 7 kepala daerah yang terus berlomba dengan waktu menyiapkan sarana dan prasarana MTQN.

“Pemprov Sumut dan jajaran SKPD terus melakukan percepatan untuk menyiapkan semua kebutuhan MTQ Nasional. Begitu juga dengan 7 kepala daerah kabupaten dan kota yang menjadi tempat pelaksanaan. Kita lihat terus berpacu dengan waktu meyiapkan semua kebutuhan. Ini layak kita apresiasi,” ujar Ivan dalam pesan elektroniknya, Sabtu (23/12/2017), saat pertemuan dalam rangka menggali berbagai informasi dari TBG selaku gubernur yang dinilai sukses menggelar MTQN ke 26 tahun 2017.

Bacaan Lainnya

Saat ini, proses persiapan MTQN Sumut telah sampai pada tahap pembuatan design mimbar. Kemudian dilanjutkan pembuatan mimbar di 7 titik yakni Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Asahan, Binjai dan Langkat.

“Design mimbar hampir rampung. Selanjutnya pembuatan mimbar. Ini terus kita kejar. Pembuatan mimbar kita targetkan akan tuntas pada awal April 2018. Paling lama 2 bulan sebelum jadwal penyelenggaraan September atau paling lama Oktober 2018 nanti,” harap Ivan.

Selain itu, panitia juga telah berkoordonasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemko) di 7 daerah guna menyiapkan tempat penginapan bagi qori dan qoriah peserta MTQ.

“Keamanan dan kenyamanan peserta harus kita kedepankan. Jangan sampai peserta tidak nyaman hingga mempengaruhi psikologis. Karena itu kita menggali banyak informasi dari Gubernur NTB yang sudah punya pengalaman menggelar MTQ Nasional ke 26 tahun 2017,” papar Ivan.

Begitu juga kesiapan sarana transportasi dari dan ke lokasi acara di tiap kabupaten dan kota nantinya, termasuk hal yang tidak kalah penting adalah persiapan makanan bagi peserta.

“Pelaksanaan MTQ Nasional di Sumut tidak terkonsentarsi pada satu titik. Kita melibatkan 7 Kabupaten dan Kota. Untuk itu, perlu bersinergi agar pelaksanaan bisa sukses,” pesan Ivan.

Penyebaran lokasi MTQN di 7 titik, sebut Ivan dimaksudkan agar banyak daerah yang memperoleh manfaat dari kegiatan tersebut, diantaranya manfaat adalah menghidupkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang makanan, minuman, souvenir, transportasi dan lain sebagainya.

“Syiar Islam juga akan semarak di banyak daerah di Sumut. Itu juga menjadi pertimbangan mengapa MTQ Nasional di Sumut digelar di beberapa titik,” jelas Ivan.

Ivan yang juga Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumut juga mengimbau anggota Kadin di 7 kabupaten/kota untuk bersinergi dengan panitia setempat dalam percepatan penyiapan berbagai kebutuhan MTQN ke 27 di Sumut.

“Pengusaha kita harapkan ambil peran. Bantu apa yang bisa dibantu di daerahnya masing-masing. Kita punya tanggungjawab yang sama menyukseskan MTQ Nasional di Sumut, kampung kita sendiri,” imbau Ivan.

Sementara Gubernur NTB HM Zainul Majdi berpesan kepada panitia pelaksana MTQN ke 27 Sumut untuk menguatkan sinergitas dengan kepala daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan.

“Lokasi yang terpisah-pisah membutuhkan penanganan yang serius. Panitia harus sigap menyiapkan semua kebutuhan qori dan qoriah yang akan datang dari seluruh wilayah di Indonesia. Jangan sampai meninggalkan kesan tidak baik karena persiapannya tidak matang,” pesan Zainul.

Tidak lupa Zainul juga berpesan untuk memaksimalkan manfaat media massa dalam menggaungkan tahapan-tahapan persiapan MTQN di Sumut jauh hari sebelum kegiatan berlangsung.

“Rangkul media massa untuk ikut partisipasi. Kita perlu tulisan-tulisan yang bisa membangkitkan semangat, karena media juga efektif jadi sarana dakwah,” pesan Zainul.

Akhir pertemuan, Zainul juga meyampaikan rasa optimisme, panitia MTQ Nasional ke 27 Sumut mampu melaksanakan kegiatan dengan sukses nantinya.

“Saya berpesan ke Pak Ivan untuk sungguh-sungguh agar pelaksanaan kegiatan berjalan sukses,” harap Zainul. [rel/OB1]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *