Catatan Akhir Tahun 2017: TPL Tanam Ratusan Bibit Pohon Kehidupan di Tano Batak

OBROLANBISNIS.com – Di penghujung tahun 2017, PT Toba Pulp Lestarik, Tbk (TPL) perusahaan bubur kertas di Sumatrera Utara, melaksanakan kegiatan penanaman ratusan batang bibit pohon kehidupan asli dari Tano Batak (endemik), yang berfungsi sebagai sumber pengkayaan tanaman dalam upaya mendukung perekonomian masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan lebih kurang satu minggu dikonsesi TPL Estate Aek Raja  dikawasan alur Aek Si Unong-unong, desa Horison Ranggitgit Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara.

Informasi dari seksi Envirotmen Estate TPL menyebutkan beberapa jenis bibit pohon endemik yang ditanaman diantaranya pohon Petai, Aren  Kemenyan, alpokat, jambu kelutuk dan  Sotul.

Estate Manager TPL sektor Aek Raja Pangihutan Sibarani melalui Humas Aek Raja Bahara Sibuea mengatakan kegiatan pengkayaan tanaman kehidupan ditano Batak sudah menjadi komitmen dan fokus perusahaan, dalam melestarikan lingkungan serta ekosistem kawasan hutan khususnya daerah alur Aek si Unong-unong.

“TPL selalu berkomitmen untuk tanaman kehidupan masyarakat kawasan sektor, sepanjang tahun 2017, kita telah menanam hampir seribu bibit pohon tanaman kehidupan dan bibit pohon kayu alam endemik, yang selama ini selalu terjaga kehidupannya dan tumbuh dikawasan tano Batak khususnya dikonsesi TPL sektor Aek Raja,” sebut Bahara Sibuea, dalam pesan elektroniknya.

Menurutnya, khusus untuk bibit tanaman kehidupan kedepannya akan memiliki fungsi yang lebih maksimal, bagi warga masyarakat sekitar konsesi. Bahkan beberapa jenis bibit tanaman endmik yang telah ditanam, diperkirakan dalam kurun waktu 3 tahun kedepan memiliki manfaat dan nilai ekonomis bagi warga.

Pengkayaan tanaman endemik ditano Batak yang dilakukan TPL ternyata tidak hanya fokus pada bibit pohon buahan-buaha saja. Perbanyakan tanaman endemik jenis kayu alam juga mendapatkan perhatian serius perusahaan.

Seksi Enviromen TPL Estate Aek Raja, Bachtiar Hutabarat menyebutkan, dalam beberapa bulan belakangan, pihaknya telah melakukan penanaman sedikitnya 500 batang bibit kayu alam dikawasan desa Aek Parintohan.

Bahkan, dalam kegiatan tersebut perusahaan juga melibatkan sejumlah masyarakat didusun Ranggitgit, dalam hal bersama membangun dan menjaga pelestarian tanaman hutan masyarakat.

Jenis kayu alam yang ditanaman diantaranya, Simartolu, Kapas-kapas, Hoting, Mahoni Afrika, Pinus, Makame, Kaliandra dan Sabal. Keseluruhan bibit pohon didapat melalui pengembangan bibit di Nursery milik perusahaan.

“Kegiatan dan dukungan TPL terhadap pengkayaan tanaman kehidupan dan kayu alam, menjadi rutinitas dalam menjaga kelestarian dan keseimbangan. Masyarakat sangat mendukung kegiatan pelestarian lingkungan perusahaan, untuk kehidupan generasi selanjutnya,” ungkap Janter dan Dapot Manalu masyarakat Desa Horinson Ranggitgit.

Kepala Desa Horison Ranggitgit Perdinan Manalu juga menyampaikan rasa terimakasih terhadap perusahaan dan tetap komitmen menjaga kelestarian lingkungan opersasionalnya agar terjaga dengan baik. [rel/OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market