Inilah Bentuk Pengabdian Mahasiwa Prodi Kesehatan Masyarakat Unpri

OBROLANBISNIS.com – Pengabdian mahasiswa Program Studi (Prodi) Magister Kesehatan Masyarakat Sekolah Pascasarjana Universitas Prima Indonesia (UNPRI) menggelar berbagai kegiatan untuk masayarakat sekitar Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan.

Mahasiswa tersebut didampingi Ka Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Sekolah Pascasarjana UNPRI Dr Ermi Girsang SKM MKes, Wakil Rektor IV UNPRI dr Ali Napiah Nasution MKT, dr Sri Wahyuni Nasution MKT, dan dr Sri Lestari Ramadhani Nasution.

Dalam menyukseskan acara ini, turut hadir Lurah Sicanang Belawan Zulkifli.

Pada pengabdian masyarakat tersebut, mahasiswa menggelar tiga kegiatan, yakni sunatan massal, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, serta penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga pembagian obat cacing gratis tersebut berjalan lancar.

Kepala Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Sekolah Pascasarjana UNPRI Dr Ermi Girsang SKM MKes mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai bentuk wujud peran selaku mahasiswa dalam pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni mengabdi untuk masyarakat.

Untuk itu, kata Ermi, mahasiswa selain mengikuti pendidikan formal dibangku kuliah juga memiliki tanggungjawab melakukan pengabdian kepada masyarakat, seperti yang telah dilaksanakan kemarin.

Acara pengabdian masyarakat ini, kata Ermi, telah melakukan persiapan yang matang.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor IV UNPRI dr Ali Napiah Nasution MKT menambahkan, kegiatan ini selain sebagai bentuk pengabdian mahasiswa selaku civitas akademika kepada masyarakat, juga memberi manfaat bagi diri sendiri juga bagi masyarakat setempat.

Masyarakat setempat, kata dr Ali, akan mendapatkan manfaat berupa pengetahuan bagaimana cara hidup bersih dan sehat.

Dan manfaat yang diterima selaku civitas akademika terkhususnya mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, menjadi lebih peka terhadap persoalan-persoalan kesehatan di masyarakat.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn kepada wartawan, Jumat (30/3) mengatakan, pengabdian masyarakat merupakan suatu gerakan proses pembangunan, untuk memperbaiki situasi dan kondisi dari suatu daerah dan masyarakatnya menjadi lebih baik dan lebih maju.

Menurut Dr Tommy Leonard, dalam pengabdian masyarakat banyak aspek yang harus disentuh untuk keberhasilan pengabdian masyarakat yaitu karakter masyarakat maupun daerahnya, budayanya dan pola pikir masyarakat.

“Dalam pengabdian masyarakat dibutuhkan peran mahasiswa sebagai pencetus terbentuknya peradaban yang maju, untuk menciptakan sebuah pengabdian yang mampu menciptakan sejuta manfaat untuk masyarakat,” tegas tokoh pendidikan Sumut ini sembari menyatakan gembira, bahwa kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Sekolah Pascasarjana UNPRI di Sicanang, sukses dan berjalan lancar berkat kerjasama yang baik dengan pejabat setempat. [rel/OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market